Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Panwaslu Ajak Masyarakat Awasi Pilwali dan Pilgub

Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur serta Walikota dan Wakil walikota Bima tahun 2018, Sabtu.

Kota Bima, Bimakini.- Ketua Pantia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Bima meminta masyarakat agar ikut mengawasi Pemilihan Wali/Wakil Wali Kota Bima dan Gubernur/Wakil Gubernur NTB.

Permintaan tersebut disampaikan Sukarman saat Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur serta Walikota dan Wakil walikota Bima tahun 2018. Kegiatan itu digelar di halaman Kantor Panwaslu Kota Bima, Kelurahan Manggemaci, Kecamatan Mpunda, Kota Bima, Sabtu (10/2).

Sukarman menyampaikan, sosialisasi ini bertujuan untuk mengajak masyarakat agar ikut berpartisipasi mengawal proses demokrasi pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur dan Wali/Wakil Wali Kota Bima.

Dikatakannya, personil pengawas mulai dari Bawaslu pusat, Bawaslu Provinsi, Panwaslu Kota Bima, Panwaslu Kecamatan, Pengawas Pemilu Lapangan hingga Pengawas TPS tidak sebanding dengan jumlah pemilih dan peserta Pemilu serta penyelenggara pemilu seperti KPU dan seluruh jajarannya. Oleh karena itu, keterlibatan masyarakat sangat diharapkan dalam mengawasi secara bersama.

“Seluruh komponen masyarakat agar ikut mengawasi termasuk mengawasi kinerja panwaslu beserta jajarannya dalam penyelenggaraan pemilihan dan pemilu,” ajak Sukarman.

Dirinya juga meminta agar masyarakat segera melaporkan bila ditemukan kejanggalan atau masalah di wilayahnya baik kepada PPL, Panwascam maupun Panwaslu Kota Bima. Laporan itu harus memenuhi unsur syarat formil dan materilnya seperti bukti dan saksi.

“Dengan pengawasan partisipatif ini, kita harapkan hasilnya pun akan melahirkan pemimpin yang baik dan amanah hasil pilihan rakyat,” harapnya.

Hadir dalam sosialisasi tersebut, Lurah Manggemaci Yusuf Ismail, Babinsa, Babinkantibmas, Ketua LPM, Karang Taruna, ketua RT/RW, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh wanita dan tokoh pemuda. Sekitar 70 orang yang diundang hadiri kegiatan sosialisasi ini.

Sosialisasi yang digelar di Kelurahan Manggemaci sebagai kegiatan perdana dari rencana kegiatan di seluruh kelurahan yang ada di Kota Bima.

“Kita awali di Manggemaci, sekaligus sebagai ajang silaturahmi dengan lurah RT/RW juga masyarakat. Karena kebetulan Sekretariat Panwaslu Kota Bima ini ada di Kelurahan Manggemaci. Kami juga meminta ijin sekaligus meminta dukungan seluruh masyarakat Manggemaci dalam menjalankan tugas dan wewenangnnya,” pungkasnya. (IAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Bima memutuskan laporan tindak pidana pemilihan (Tipilih)  tidak melaksanakan PSU oleh KPU, tidak memenuhi unsur....

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Penasehan Hukum Pasangan Calon Wali/Wakil Wali Kota Bima, H A Rahman – Hj Ferra Amelia, Al Imran, SH, melaporkan KPU Kota...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Memasuki masa tenang  pemilihan Wali/Wakil Wali Kota Bima 2018, Pasangan Calon (Paslon), Tim dan Pendukung untuk tidak melakukan kampanye. Termasuk di...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Panwaslu Kota Bima, Senin (25/6) menerima laporan dari warga Manggemaci, atas dugaan pembagian uang. Namun, karena data terlapor  belum jelas identitasnya,...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Pengawas Tempat Pemungutan Suara Se Kota Bima dilantik,  Ahad (3/6). Bertempat di aula SMAN 4 Kota Bima. Pelantikan Pengawas TPS dilakukan...