Pendidikan

Siswa SMPN 1 Wera Ikuti Sekolah Kepemimpinan

Pengurus organisasi intra siswa SMPN 1 Wera yang pelatihan kepemimpinan, Ahad.

Bima, Bimakini.- Empat oraganisasi kesiswaan SMPN 1 Wera dilantik dan mengikuti Sekolah Kepemimpinan Siswa, Ahad (4/2). Kegiatan berlangsung di laboratorium sekoleh setempat selama dua hari, sejak Sabtu.

Wakil Kepala SMPN  1 Wera, Erwin, SPd mengatakan, telah mendesain program yang menarik minat siswa, melalui sekolah kepemimpinan. Kegiatan yang mengusung tema “Membangun Etos Kepemimpinan Siswa” untuk memantik semangat kepemimpinan. Menumbuhkannya secara maksimal dalam institusi sekolah.

Selain itu, kata Erwin, terbangun proses revitalisasi organisasi kesiswaan yang dapat berlangsung secara berkelanjutan, selaras dengan bakat, minat dan kebutuhan siswa.

Kegiatan ini, kata dia, diikuti 60 peserta dan mereka sangat antusias. Mereka dari pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah, Unit Kesehatan Sekolah, Organisasi Pramuka, dan Sanggar Seni.

“Siswa-siswi dilatih agar dapat mengembangkan kompetensi kepemimpinan, baik yang berkaitan dengan karakter kepemimpinan, pemikiran kepemimpinan maupun keterampilan kepemimpinan,” terangnya.

Peserta dilatih dan disuguhi materi tentang membangun pikiran, membangun karakter, manajeman organisasi dan kepemimpinan. Selain itu, materi strategi perencanaan, teknik pengambilan keputusan dan nilai-nilai lokal dalam kepemimpinan oraganisasi kesiswaan.

Materi-materi itu, kata dia, sampaikan melalui proses ceramah, diskusi kelompok, presentasi, demonstrasi dan diakhiri dengan penyusunan rencana tindak lanjut dalam mengembangkan kegiatan kesiswaan. Peserta didampingi oleh fasilitator yang berkompoten dibidang pelatihan, yakni dari HMI dan juga para praktisi pendidikan di Wera. (IAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share

Komentar

To Top