Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Wujudkan Ekspektasi Publik, Pemkot Bima Gelar Lomba Sinovik

 

Ihya Ghazali

Kota Bima, Bimakini.- Pemerintah Kota (Pemkot) Bima menggelar lomba Inovasi Pelayanan Publik (Sivonik) saat peringatan Hari Jadi Kota Bima 2018 mendatang. Hal itu sebagai upaya meningkatkan pelayanan publik sebagaimana ekspektasi masyarakat terhadap pemerintah.

Kabag Organisasi Setda Kota Bima, Ihya Ghazali mengatakan, berbagai upaya telah dilakukan pemerintah mewujudkan harapan publik.

Seperti perbaikan regulasi mempercepat dan mempermudah proses dan mekanisme pelayanan serta peningkatan kapasitas sumber daya aparatur pelayanan.

Namun, diakuinya, upaya perbaikan itu hingga sekarang masih belum sesuai harapan masyarakat. Menyikapi hal itu, sambungnya, Pemkot Bima akan mendorong ASN berinovasi dalam upaya memberikan pelayanan prima kepada masyarakat melalui model pelayanan yang inovatif yang dapat menjadi contoh dan inspirasi bagi ASN maupun lembaga di kota Bima.

“Momentum HUT Kota Bima ke-16 Tahun 2018 nanti, Pemkot Bima melalui Bagian Organisasi akan mengadakan lomba Sinovik tingkat Kota Bima,” tuturnya ditemui di kantor setempat, Rabu.

Bagi pemenang lomba, sambung mantan Kabag Humas dan Protokol itu, akan diikutkan pada lomba tingkat Provinsi dan Nasional.

“Lomba Sinovik ini terbuka untuk umum, dengan hadiah uang tunai dan penghargaan dari Wali Kota Bima,” terangnya.

Dia menjelaskan, sekarang ini Kota Bima sudah memiliki aplikasi pelayanan publik, seperti lapor.bimakota.go.id,publiccenter.bimakota.go.id. “Semacam aplikasi Android mobile Kota Bima dan SMS gateway versi web,” jelasnya.

Kompetisi inovasi pelayanan publik ini, kata dia, sebenarnya bukan hal baru. Lomba itu dilaksanakan secara periodik dikelola Kemenpan RB atau instansi lain untuk mendorong tumbuhnya inovasi pelayanan publik dari kementrian atau lembaga dan daerah melaksanakan setiap tahun.

“Kompetisi ini sendiri, nantinya akan dinilai oleh tim independen mengedepankan prinsip transparansi dan akuntabilitas,” ucapnya.

Jenis, kriteria, dan kategori inovasi serta kepastian tanggal pembukaan pendaftaran, akan diumumkan lebih lanjut. “Sebagai gambaran, mekanisme penilaian akan dilakukan lima tahapan. Seleksi administrasi, proposal tahap 1, penilaian presentasi dan wawancara, penilaian lapangan, dan penilaian tahap akhir,” urainya. (DED)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Molornya realiasi pembayaran Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) atau tukin bukan saja terjadi di Kota Bima, namun seluruh Indonesia. Kepala Bagian Organisasi,...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Pemerintah pusat menetapkan hari libur nasional pada hari pemungutan suara Pilkada serentak jatuh Rabu 9 Desember 2020. Kabag Organisasi, Setda Pemkot...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Sebagai salah satu upaya rutin dalam peningkatan kualitas pelayanan publik, kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyelenggarakan pengukuran indeks...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Di hari pertama Pemerintah Kota (Pemkot) Bima memberlakukan aturan khusus pegawai honorer dan kontrak untuk memakai seragam hitam putih, tidak sepenuhnya...

Pemerintahan

Kota Bima,  Bimakini.- 30 Unit Pelaksana Tugas Daerah (UPTD) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Bima, akan dievaluasi. Hal itu berdasarkan  Permendagri Nomor 12 Tahun...