Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Yunus: Debat Calon adalah Adu Kualitas

Muhammad Yunus

Kota Bima, Bimakini.- Debat pasangan calon (Paslon) Wali/Wakil Wali Kota Bima 2018, adalah salah satu aspek penting dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Untuk itu, wajib dilaksanakan dalam tahapan dan sebagai uji gagasan secara akademis.

Hal itu dikatakan Direktur Rumah Cita, Muhammad Yunus atas rencana pelaksanaan debat bagi Paslon Wali/Wakil Wali Kota Bima 2018 ini.

Dikatakannya, debat dapat menjadi ruang akademik untuk menguji kualitas para Paslon yang akan memimpin daerah. Sebab di arena debat, para Paslon akan beradu kualitas dalam menyikapi masalah-masalah yang ada di daerah disertai solusinya.

“Pada titik inilah debat publik akan menjadi salah satu tahapan yang berpengaruh besar terhadap pilihan, simpati dan empati publik,” ujarnya melalui pesan WhatsApp, Selasa (13/2).

Lanjutnya, debat publik merupakan kegiatan yang dapat memberikan referensi bagi masyarakat atau pemilih terhadap profil dan kualitas para paslon. Yakni  menyangkut kualitas visi, misi dan program unggulan.

“Melalui debat publik masyarakat dapat mengenal serta mendalami secara langsung dari penyampaian para paslon terkait visi, misi, dan program unggulan disertai sejumlah solusi yang ditawarkan atas berbagai masalah daerah,” terangnya.

Pada kesempatan itu pula, kata dia, masyarakat dapat mengenal dan mengamati secara langsung dan terbuka bagaimana karakter, kepribadian, kesabaran, emosi, ketegasan, kejujuran, serta gagasan. Juga sebagai pengetahuan dan bekal atau referensi dalam menentukan pilihan.

“Debat publik akan sangat membantu masyarakat untuk menentukan pilihan yang tepat guna memilih kepala daerah untuk lima tahun mendatang. Debat juga akan mempengaruhi tingkat partisipasi dan mengurangi angka golput di tingkat masyarakat,” pungaskanya. (IAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Politik

Dompu, Bimakini. – Pemungutan dan penghitungan suara dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dompu tahun 2020 tinggal menghitung hari. Ketua KPU Kabupaten Dompu, Drs...

Politik

Dompu, Bimakini.- Karena adanya kekurangan pada Debat Publik Pertama Paslon Bupati dan Wakil Bupati Dompu di Gedung Sama Kai beberapa waktu lalu, KPU berencana...

Politik

Dompu, Bimakini. – Kapolres Dompu, AKBP Syarif Hidayat SH, SIK., menjamin keamanan pelaksanaan debat publik calon Bupati dan Wakil Bupati Dompu tahun 2020. Selain...

Politik

Dompu,- Bimakini. – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Dompu tahun 2020 dilaksanakan ditengah Pendemi Covid-19. Jelang pelaksanaan tahapan debat publik pertama calon Bupati dan...

Politik

Dompu, Bimakini. – KPU Dompu akan melaksanakan debat terbuka pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Dompu pada tanggal 4 November 2020 dengan tema reformasi...