Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Baiq Inde : Perempuan Tangguh NTB itu, Sitti Rohmi

Baiq Indraningsih

Mataram, Bimakini.- Suara perempuan dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) dianggap hanya pelengkap. Padahal jumlah suara perempuan tak bisa diremehkan. Cukup banyak. Potensi itu pun memungkinkan munculnya keterwakilan perempuan. Ditengah hegemoni kaum adam dalam pilkada NTB, sosok Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah hadir dalam Pilkada NTB 2019.

Calon Wakil Gubernur NTB Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah adalah pasangan Calon Gubernur NTB Dr Zulkieflimansyah. Hadirnya Sitti Rohmi dalam kontestasi pilkada, membuat aktivis lingkungan asal Kelurahan Banjar, Kecamatan Ampenan, Baiq Indraningsih bersuara.

“Perempuan NTB jangan sekadar memilih kita cetak sejarah dengan memantapkan pilihan ke pasangan# ZulRohmi,” katanya.

Kata perempuan yang akrab disapa Baiq Inde ini, 27 Juni para perempuan harus menggunakan hak kita sebagai perempuan NTB apapun partai dan golongannya jangan ragu mencari yang jilbab hijau nomor 3 lalu coblos.

Menurut Baiq Inde, sebagai perempuan NTB tidak ada kata lain selain mendukung penuh sesama perempuan maju dalam kontestasi Pilgub NTB 2018 ini. Ini dianggap” kaffah” sebagai perwujudan hak perempuan yang terwakili di segala bidang.

“Bukan sekadar perempuan yang hanya tau sumur, dapur, dan kasur,” tambahnya penuh semangat.

Para perempuan, lanjutnya, bukan sekadar ikut sebagai tim hore dalam segala pesta demokrasi di daerah. Kodrat perempuan sebagai Ibu tentu yang utama tapi sifat dasarnya sebagai pengayom terlihat. Hal ini pula yang tak bisa dilepaskan dari sosok Sitti Rohmi.

“Beliau tangguh,” ucapnya sambil mengulang tiga kali kata ini.

Baiq Inde menambahkan, walaupun Sitti Rohmi lebih terkenal sebagai pendidik, kakak kandung Gubernur NTB TGB HM Zainul Majdi ini bak politisi yang punya kekuatan laten dan penuh pesona. Dari ratusan tempat dia kunjungi, Sitti Rohmi begitu luwes dan menguasai persoalan mendasar masyarakat.
Memang ini diluar kebiasaan cagub cawagub NTB yang lain, Sitti Rohmi langsung ke masyarakat tanpa batasan.

“Dan saya yakin pasangan calon lain takkan mampu melakukan hal yg Sama. Selain faktor usia juga faktor fisik yang tak memungkinkan,” tandas Baiq Inde.

“Sekali lagi saya ajak semua perempuan memilih Ibu Rohmi. Akademisi sekaligus aktivis perempuan cantik ini terkenal mempunyai seabrek kegiatan pemberdayaan kemasyarakatan,” tambahnya.

Terakhir Inde setengah orasi menitip pesan kepada seluruh aktivis perempuan NTB, saatnya perempuan NTB menunjukkan pada dunia begitu banyak perempuan tangguh di NTB yang bisa menjadi inspirasi bagi dunia. Keterwakilan perempuan penting karena perempuan yang faham persoalan dan kebutuhan perempuan. Percuma para aktivis perempuan berteriak menuntut adanya perempuan yang duduk di pemangku kebijakan dan isu gender. Ketika ada perempuan tangguh, mampu, berani maju, dan keberpihakannya pada perempuan tidak diragukan lagi malah tidak ikut mendukung.

“Ingat slogan kita aktivis perempuan, perempuan bersatu tak bisa dikalahkan,” tegasnya. (PUR)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Politik

Mataram, Bimakini.- Lembaga Kajian Sosial dan Politik Mi6 haqqulyakin, H Zulkieflimansyah dan Hj Sitti Rohmi Djalilah, akan kembali berpasangan dan melenggang mulus dalam perhelatan...

NTB

Mataram, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr. H Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur NTB, Dr.Hj Sitti Rohmi Djalilah, telah genap dua tahun memimpin Provinsi NTB. Berbagai torehan...

NTB

Mataram, Bimakini.- Sejak dilantik pada 19 September 2018 lalu, Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah (Zul-Rohmi),...

Ekonomi

Mataram, Bimakini.-  Kepimpinan Gubernur NTB, Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur NTB, Sitti Rohmi Djalilah telah hampir dua tahun. Berbagai ujian bencana alam gempa bumi dan...

NTB

Mataram, Bimakini.- Satu tahun Bang Zul – Umi Rohmi menjabat Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, diapresiasi banyak pihak. Semua merasa terkesan. Karena jika diamati...