Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Diterjang Banjir, Tanaman Petani di Tambe Rusak

Kondisi tanaman jagung setelah diterjang banjir.

Bima, Bimakini.- Banjir yang merendam rumah warga di Desa Tambe Kecamatan Bolo, Senin (05/3), tidak hanya menyisakan trauma, juga merusak puluhan hektare tanaman petani.

Berdasar data yang dihimpun aparatur desa setempat, puluhan hektar lahan pertanian di So Waca Rima, So Kajuji, dan So Lante tanaman jagung dan padi menjadi rusak dan terancam gagal panen.

“Akibat banjir saat itu, sebagian hasil jagung yang sudah dipanen hilang terseret arus air,” ucap Kepala Dusun (Kadus) III, Irwan Yusuf, dikonfirmasi Rabu (07/3).

Tanaman pertani di sejulah watasan itu menjadi rusak diterjang banjir. “Tanaman petani yang rusak mencakup tanaman padi dan jagung,” sebutnya.

Untuk tanaman padi, di watasan So Waca Rima dan Lante, ada yang sedang panen, baru ditanam, dan sebagiannya sedang berbulir.

Sedang, tanaman jagung di So Kajuji, rata-rata menjelang panen, karena sudah berumur sekitar 90 hari. “Jagung yang dijemur di lapangan ikut direndam banjir,” urainya.

Salahsatu pemilik jagung di So Waca Rima, Buhari, mengaku 1 hektar lebih tanaman jagung miliknya rusak akibat banjir. “Jika ditaksir, kerugian sekitar Rp30 juta,” akunya.

Dia pasrah atas musibah itu, karena takdir yang tidak bisa dielak. “Musibah adalah ujian dari Allah. Sebagai seorang hamba, kita ikhlas menerimanya,” katanya.

Kaur Keuangan Desa Tambe, Anwar, membenarkan hal itu. Banjir itu disebabkan meningkatnya curah hujan di pegunungan Kecamatan Donggo.

Dia mengakui, pada tahun-tahun sebelumnya, intensitas hujan di wilayah Donggo sering terjadi seperti saat ini, namun tidak menyebabkan banjir seperti kali ini. “Banjir terjadi karena ulah warga yang membabat hutan untuk lahan pertanian,” tudingnya. (YAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Banjir yang terjadi Jumat (2/4) lalu menyababkan puluhan hektar lahan pertanian dan tambak terdampak di Desa Belo, Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima. Kerugian...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Banjir yang terjadi di wilayah Kecamatan Bolo Kabupaten Bima, Jum’at (2/4), mengakibatkan ribuan hektar tanaman padi siap panen terendam banjir. Akibat banjir...

Ekonomi

Dompu, Bimakini.- Lahan pertanian di Dompu benar-benar membutuhkan air. Namun hujan yang tidak kunjung datang, membuat lahan mengering, baik di tegalan maupun sawah. Keluhan...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Petani di Desa Boro, Kecamatan Sanggar, Kabupaten Bima, terancam tidak bisa menikmati hasil pertanian tanaman jagung. Hal itu disebabkan hujan tidak pernah...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Petani Desa Mpuri Kecamatan Madapangga mengeluhkan tanaman padi di So Keru I dan II layu. Hal itu terjadi lantaran instensitas hujan tidak...