Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

KPU Banteng dan Sidrap Belajar Stretegi Sosialisasi dan RPP

Kunjungan KPU Bantaeng dan Sidrap ke KPU Kota Bima, Jumat malam.

Kota Bima, Bimakini.- Komisi Pemilihan Umum (KPU Kabupaten Banterng, dan Kabupaten Sidrap Kunjungan Kerja ke Bima, Jumat (30/3) malam.  Kunjungan ini untuk  belajar tentang stretegi sosialisasi dan RPP. Mereka diterima Komisoner KPU Kota Bima, hadir juga KPU Kabupaten Bima.

Mereka memilih Bima sebagai lokasi kunjungan kerja, karena memiliki kesamaan kultur. Juga kondisi alam yang tidak jauh berbeda. Ini juga sebagai kunjungan pertama di daerah ini, sebelumnya  kerap ke Lombok.

“Ini untuk pertama kalinya kami ke Bima, sebelumnya beberapa kali menghadiri acara di Lombok,” ungkap Ketua KPU Banteng, Nurbaiti.

Ketua KPU Sidrap, Dahlia juga mengakui hal yang sama. Pertimbangan memilih daerah Bima, karena adanya kesamaan.

Keduanya juga terkesan dengan Bima, terutama saat mengunjungi ASI Mbojo atau berkas Kesultanan Bima. Ada suasana kebatinan yang dirasakan, karena menganggap dua daerah ini memiliki hubungan historis masa kerajaan dan kesultanan.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ketua KPU Banteng, Nurbaiti mengatakan, saat ini juga  Bantaeng menggelar Pemilihan Bupati/Wakil Bupati. Diikuti tiga pasangan calon, dua dari partai politik dan satu perseorangan. Ssebelumnya ada lima pasangan yang mendaftar, tiga dari parpol dan dua perseorangan. Namun dalam proses verifikasi, hanya tiga yang bisa ditetapkan menjadi pasangan calon.

Untuk tingkat partisipasi pemilih, kata dia, Bantaeng pernah mencapai 83 persen. Namun pada Pilpres menurun, serta pada Pemilihan  Kepala Dearah 2013,  kembali menurun. “Kemungkinan persepsi masyarakat saat itu, calon petahanan sangat kuat, sehingga partisipasi menurun. Petahanan sendiri memeroleh suara lebih dari 80 persen,” ungkapnya.

Sementara iklim politik di Bantaeng, kata dia, mirip dengan Bima.  Kemungkinan saat ini semua pasangan calon yang ikut wajah baru.  “Sehingga ngeri-ngeri sedap. Namun, sejauh ini berjalan damai,” ujarnya.

Selain berkunjung ke Kota Bima, Kabupaten Bima, juga Sumbawa dan Lombok Timur.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ketua KPU Kota Bima, Bukhari, SSos menyampaikan apresiasi karena memilih Kota Bima sebagai salah satu lokasi kunjungan. Saat itu Bukhari memaparkan sejumlah hal. (IAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima melalui Surat Keputusan KPU Kota Bima Nomor: 109/PL.02.2.BA/4/2024 menetapkan, jumlah syarat minimal dukungan bakal Pasangan...

Politik

Kota Bima, Bimakini.-  Pembentukan Calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB serta Wali...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Tahapan pemungutan hitung pada Pemilihan Umum (Pemilu) telah usai. Angka partisipasi masyarakat pada penyelenggaraan Pemilu 2024 di Kota Bima  mencapai 89,88...

Pemilu Serentak 2024

Kota Bima, Bimakini.-  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima akan melaksanakan Pleno Rekepitulasi Hasil Pemungutan Suara Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2024, Kamis 29...

Pemilu Serentak 2024

Kota Bima, Bimakini.- Komisi pemilihan umum (KPu) Kota Bima mendistribusikan logistik pemilu 2024 mulai Selasa 13 Februari 2024. Untuk distribusi logistik KPU Kota Bima...