Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Tidak Penuhi Panggilan Panwas, Oknum ASN Rugi Sendiri

 

Ketua Panwascam Mpunda, Asrul Sani (kaos hitam).

Kota Bima, Bimakini.- Rupanya,  sejumlah oknum Aparatur SIpil Negara (ASN) masih saja didapati menghadiri kampanye pasangan calon (Paslon) Wali/Wakil Wali Kota Bima 2018.  Dua oknum ASN itu hadir di acara kampanye Paslon Lutfi-Feri dan Rahman- Fera Amalia.  Keduanya sudah diundang klarifikasi, namun belum memenuhinya.

Ketua Panwas Kecamatan Mpunda, Asrul Sani, SE mengatakan, hasil pengawasan saat kegiatan kampanye, menemukan kedua ASN  hadir. Keduanya sudah dilayangkan surat panggilan klarifikasi, namun belum juga dipenuhi.

MS, pegawai Dinas PU Pengairan Provinsi NTB, kata dia, hadir saat kegiatan kampanye Lutfi-Feri di Kelurahan Mande. Sedangkan yang menghadiri kampanye Paslon Rahman-Fera di Kelurahan Panggi, ASN di Samsat.

“Kami mengharapkan keduanya bisa menghadiri panggilan klarifikasi tersebut. Kami akan melayangkan surat penggilan berikutnya,” sarannya di Panwaslu Kota Bima, Kamis.

Dijelaskannya, jika oknum ASN itu tidak juga mau menghadiri undangan klarifikasi, maka Panwas Kecamatan  Mpunda langsung menggelar pleno dan memutuskan sanksinya. Maka, oknum ASN itu akan rugi, karena tidak memberi hak untuk mengelarifikasi kehadirannya.

Lanjut Asrul, ada strategi yang dilakukan  Panwas Kecamatan untuk membidik ASN yang hadiri kampanye dengan menempatkan PPL dari kelurahan lainnya. Karena jika ada  dari PPL Kelurahan dimana kegiatan berlangsung, maka akan berusaha sembunyi.

“Kalau PPL dari kelurahan lain,  mereka tidak kenal, sehingga  ketika di foto oleh PPL tersebut, mereka tidak berusaha menghindar,” ujarnya.

Terangnya, tidak ada tindakan paksa yang dilakukan Panwas Kecamatan dalam memeroses oknum ASN. Kawenangan Panwas hanya mengelarifikasi, selanjutnya mendalami dan  memutuskan, apakah memenuhi unsur pelanggaran atau tidak. “Jika mereka mau hadir, silahkan, tidak juga, kami tidak memaksa. Tapi mereka akan rugi, jika tidak penuhi panggilan,”  pungkasnya. (IAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Pj. Wali Kota Bima, HM. Rum, menegaskan pentingnya profesionalisme ASN dan tidak keterlibatan dalam politik praktis. Hal ini menjadi tindak lanjut...

Pemilu Serentak 2024

Kota Bima, Bimakini.- Dugaan Pelanggaran Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di jajaran Pemerintahan Kota Bima, menunjukkan peningkatan dibandingkan pada Pemilu 2019 lalu. Anggota Bawaslu...

Pemilu Serentak 2024

Kota Bima, Bimakini. – Menjelang Pemilu tahun 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bima menyampaikan imbauan pencegahan pelanggaran pada pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024,...

Pemilu Serentak 2024

Kota Bima, Bimakini. – Bawaslu Kota Bima meneruskan hasil temuan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Rasanae Barat, atas dugaan pelanggaran netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN)...

Pemilu Serentak 2024

Bima, Bimakini.- Sejumlah oknum ASN lingkup Kabupaten Bima diduga ada yang berkampanye untuk Bacaleg di media sosial. Untuk itu, Bawaslu meminta agar dapat melaporkannya...