Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

BKPSDM Gelar Uji Kompetensi Calon Pejabat

Rusdan

Kota Bima, Bimakini.- BKPSDM tengah menggelar uji kompetensi calon pejabat yang berkompeten, berkualitas dan profesional untuk menempati posisi jabatan sesuai bidang kompetensi.

Kegiatan itu berdasar amanat Peraturan Pemerintah (PP) 11 Tahun 2017 Tentang Manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) dan dilaksanakan sejak Selasa hingga Kamis (19/4) di aula SMAN 3 Kota Bima.

Sekretaris BKPSDM Kota Bima, Rusdhan AR, mengatakan uji kompetensi yang dilaksanakan pertama kali pada tahun 2018 ini untuk pejabat eselon IV A dan B lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Bima.

Ujian itu, jelasnya, menggunakan metode bertahap, tiga kali pelaksanaan ujian. “Bagi peserta akan mengikuti ujian sesuai jadwal yang ditetapkan panitia,” jelasnya ditemui, Kamis.

Sebanyak 529 pejabat eselon IV A dan B ikut ujian itu dan dibagi tiga sesi sesuai hari pelaksanaan. Mantan Kabag Umum Setda itu menuturkan, uji kompetensi ini penting karena bagian manajemen SDM berbasis penilaian kinerja ASN berdasarkan prestasi kerja atau biasa di sapa “Merit”.

“Uji kompetensi ini tentu menjadi awal yang bagus bagi lingkup Pemerintah Kota Bima untuk menjaring sekaligus melakukan pemetaan terhadap pejabat yang berkompeten,” ucapnya.

Peserta ujian, hanya akan menghadapi tes tertulis yang disesuaikan batas waktu yang ditentukan panitia. Untuk mendukung ujian dimaksud, pihaknya bekerja sama dengan BKPSDM Provinsi NTB dengan menempatkan 6 asesor untuk memberi penilaian.

“Untuk hasil ujian dalam waktu dekat akan diumumkan, baik secara on line melalui website resmi BKPSDM Kota Bima, juga akan ditempel pada beberapa SKPD. Tentu dari hasil tes tersebut, akan tergambar kemampuan ASN yang dinilai Baik (B), Sedang (S) dan Kurang (K),” paparnya.

Untuk ASN yang nilainya kurang, selanjutnya akan diberikan diklat sesuai bidang keahlian masing-masing, sehingga pada tes berikutnya harus ikut lagi hingga mencapai nilai baik atau lulus. (DED)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Mengisi Jabatan Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Setda  Kota Bima, Pemkot Bima melalui BKSDM   mulai membuka tahapan seleksinya. Jabatan...

Pemerintahan

Kota Bima,  Bimakini.- Tidak ingin proses verifikasi dan validasi data honorer K2 karut marut,  Wakil Ketua DPRD Kota Bima,  Sudirman DJ, SH mengingatkan agar...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- BKPSDM Kota Bima menetapkan dan menyusun hasil perangkingan bagi peserta CPNSD. Perengkingan itu berpedoman pada PermanPAN Nomor 61 Tahun 2018 tentang...