Peristiwa

Januari-Maret, 691 Kendaraan Tunggak Pajak Terjaring

Razia gabungan Sat Lantas di Taman Ria.

Kota Bima, Bimakini.- Berdasarkan data pada Kantor Samsat Bima, periode Januari-Maret 2018 ini, sudah 691 kendaraan roda dua maupun roda empat tunggak pajak yang terjaring operasi penertiban.

Kepala Kantor Samsat Bima, Drs H Muhamad Ali, mengatakan sebanyak 691 unit kendaraan itu terjaring tidak membayar pajak.

“Jumlahnya bervariatif, untuk roda dua yang terjaring sebanyak 605 unit, dan yang telah melunasi pembayaran 446 unit. Sisanya 159 belum membayar,” tuturnya ditemui di ruang kerjanya, Senin.

Untuk roda empat yang terjaring razia sebanyak 86 unit, termasuk mobil dinas Pemerintah Kota Bima maupun Kabupaten Bima.

Dari jumlah itu, sambungnya, yang telah melunasi pembayaran sebanyak 64 unit. “Sisanya 22 unit belum membayar, termasuk mobil dalmas Sat Pol PP Kota Bima” sebutnya.

Dia mengatakan, sebanyak 50 persen, dari total jumlah kendaraan di Bima, belum membayar pajak. Hal itu berimbas pada pendapatan daerah disebabkan kurangnya kesadaran pemilik kendaraan bermotor.

Untuk itu, akan ada langkah tegas ke depan berupa penyitaan kendaraan dan dilelang oleh negara, apabila sudah ada aturan daerah.

“Ini dalam rangka memberikan efek pada pemilik kendaraan untuk taat pajak, karena sifatnya pajak tersebut wajib dan bisa dipaksakan pada siapapun,” tegasnya. (DED)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 23
    Shares

Komentar

To Top