NTB

Sekda NTB Buka PORDA SOIna di Mataram

Mataram, Bimakini.- Sekretaris Daerah Provinsi NTB, Ir. H. Rosiady Sayuti M.Sc., Ph.D, menghadiri sekaligus membuka secara resmi Pekan Olahraga Daerah (PORDA) Special Olympics Indonesia (SOIna) Provinsi NTB, di Gelanggang Pemuda Mataram, Kamis (12/4/2018). Sekda hadir ditemani Kadispora NTB, Ir Husnanidiaty Nurdin.

Dalam sambutannya, Sekda banyak memberi motivasi kepada 104 atlet SOIna yang datang dari 10 kabupaten/kota NTB. Para atlet ini berlaga di enam cabang olahraga, yakni futsal, tenis meja, renang, bulutangkis, atletik dan bocce.

“Saya harapkan melalui PORDA SOIna tahun 2018, kalian dapat menunjukkan prestasi untuk Provinsi NTB baik ditingkat nasional maupun internasional,” harap Sekda.

Special Olympics Indonesia (SOIna), adalah sebuah lembaga yang berkonsentrasi di pemberdayaan atlet-atlet tunagrahita di NTB. Hari Down Syndrome se Dunia jatuh tiap 21 Maret. Organisasi ini rutin mengadakan acara yang melibatkan anak-anak down syndrome.

Lebih jauh tentang SOIna, kekurangan fisik dan mental adalah sesuatu yang tidak bisa seseorang pilih, sebagaimana kita tidak bisa memilih kelamin apa yang kita kehendaki sebelum kita lahir. Keberadaan mereka, sayangnya, masih disertai dengan tatapan jijik dan merendahkan. Lebih memprihatinkan lagi, para orang tua justru seperti mengerangkeng anak-anak mereka yang menyandang disabilitas.

Event ini bertujuan untuk ‘mengubah pola pikir masyarakat yang masih memberikan stigma negatif tentang down syndrome. Karena masih banyak masyarakat yang menganggap down syndrome adalah sebuah penyakit, bahkan kutukan. Masih ada para orang tua yang membesarkan anak down syndrome menerima banyak ungkapan sinis yang merendahkan dan menyakiti perasaan keluarga.

Selain itu, lewat aktifitas yang menyenangkan seperti ini, diharapkan mereka akan mampu menunjukkan keberanian, merasakan kebahagiaan dan memperlihatkan kemampuan, keahlian dan persahabatan dengan keluarga, sesama atlet Special Olympics, dan juga masyarakat luas.

SOIna adalah satu-satunya organisasi di Indonesia yang mendapat akreditasi dari Special Olympics International (SOI), otoritas yang membawahi perhelatan Special Olympics, olimpiade bagi mereka yang menyandang disabilitas intelektual. PUR

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 13
    Shares

Komentar

To Top