Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Tingkatkan Kompetensi, 40 Guru PAUD Ikuti Diklat

Kota Bima, Bimakini.- Untuk meningkatan kemampuan dan kompetensi,  sebanyak 40 guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se-Kota Bima mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) berjenjang tingkat dasar. Kegiatan itu digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bima, dipusat  di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB).Selasa (24/4).

Kasi Pengembangan Sumberdaya BPP PAUD Dikmas NTB, H Ahmad Bawazir menjelaskan, Diklat yang digelar ini yang pertama dari tiga tahapan yang akan dilalui oleh tenaga pendidik. Selanjutnya tahapan tingkat lanjutan dan tingkat mahir.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru PAUD, untuk lebih maju dan berkembang dalam memberikan materi pelajaran kepada siswa,” ujarnya.

Bawazir mengaku, untuk menunjang pelaksanaan Diklat tersebut pihaknya menggunakan metode yang baru. pemberian materi dengan tatap muka saja, kini melalui metode E-Training dan merupakan model pembelajaran berbasis online yang dikembangkan oleh BP-PAUD dan Dikmas.

“Dengan sistem E-Training yang dilaksanakan tersebut, tentu akan meningkatkan kompetensi dan kualitas guru dalam pelaksanaan tugas pembelajaran di sekolah. Sehingga kedepan akan menghasilkan generasi yang cerdas dan pintar,” katanya.

Bawazir menuturkan, selama Diklat peserta akan diberikan beberapa materi dan konsep dasar tentang tugas dan kewajiban guru PAUD. Baik itu peran pembelajaran, penilaian perkembangan anak, etika, pembetukan karakter serta tata cara berkomunikasi yang baik terhadap peserta didik.

“Setelah memperoleh materi, para peserta kemudian harus membuat sebuah modul pembelajaran yang telah dirancang secara terstruktur dan sistematis. Sehingga dapat menjadi sebuah metode pembelajaran yang bagus, untuk dipresentasikan kepada peserta didik,”ujarnya.

Diharapkannya, dengan peningkatan keilmuan dan wawasan bagi guru PAUD tersebut. Maka diharapkan kedepan para tenaga pendidik mampu mengaplikasikannya kepada peserta didik, dengan memberikan metode pembelajaran yang mudah dipahami, inovatif dan kreatif.

Sementara itu, Kepala Dinas Dikbud Kota Bima, Drs H Alwi Yasin, MAP mengatakan, Pemerintah Kota Bima akan terus mendukung penuh program kegitan Diklat tersebut. Mengingat tingkat animo guru PAUD di Kota Bima yang ingin terus belajar, meningkatkan.

“Kami siap mendukung penuh, demi terwujudnya generasi bangsa yang cerdas dan berkarakter,” pungkasnya. (DED)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Kota Bima mendapatkan laporan soal dugaan pemotongan insentif guru honorer dilakukan oleh kepsek SDN 21....

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakni.- Dua tersangaka kasus pembayaran gaji SI, ASN lingkup Dinas Dikpora Kota Bima, Senin (29/6) batal diserahkan. Pengacara kedua tersangka menyerahkan surat...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Hari ini, Polres Bima  Kota menyerahkan tersangka kasus pembayaran gaji ASN, ST, yang melibatkan dua mantan Kepala Dinas  Dikbud Kota Bima,...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Setelah sedikitnya tiga kali berkasnya dikembalikan oleh Kejaksaan Negeri Raba Bima, kasus yang yang menghebohkan Pemkot Bima, yang melibatkan duo eks...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Dinas Pendidikan dan Kabudayaan (Dikbud) Kota Bima,  mengumumkan hasil seleksi tes Calon Kepala Sekolah (Cakep)  untuk tingkat SD dan SMP.  Hasilnya...