Pendidikan

UNBK MAN 1 Kota Bima Lancar

Suasana siswa MAN 1 KOta Bima saat UNBK.

Kota Bima, Bimakini.- Pelaksanaan  Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)  di Marasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Bima selama empat hari berjalan lancar. Meskipun ada beberapa kendala teknis yang dihadapi.

Ketua Panita UNBK MAN 1 Kota Bima, Anang, SPd mengatakan,  ujian berlangsung mulai Senin (12/4) hingga Kamis (12/4). Kendala teknis itu seperti terganggunya  jaringan atau komputer yang  lamban.

“Tidak semua komputer atau laptop yang terganggu  jaringannya, hanya satu dua dan itu bisa diatasi,” ujarnya pada BimaEkspres, Kamis.

Jumlah yang mengikuti UNBK, kata dia, 277 siswa dan dibagi tiga sesi setiap harinya. Mata pelajaran yang diujikan, Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Mata Pelajaran Jurusan.

“Di MAN 1 Kota Bima, jurusnanya IPA, IPS, Agama, dan Bahasa. Masing-masing jurusan ada tiga mata pelajaran pilihan, siswa boleh pilih salah satu,” terangnya.

Dijelaskannya, MAN 1 yang pertama menyelenggarakan UNBK di Kota Bima, baik MA/SMA. Ini menjadi tahun ketiga pelaksnaan system UNBK.

Kenapa UNBK? Kata Anang, lebih efektifitas, efisiensi dan tingkat kejujuran tinggi. Meskipun diawal tidak mudah melaksanakannya, termasuk masalah sarana penunjang seperti komputer dan laptop. “Kami bersyukur bisa melaksanakan UNBK pertama,” ungkapnya.

Dia  optimis pelaksanaan UNBK di MAN 1 akan maksimal. Karena berbagai persiapan sudah dilakukan sebelumnya, mulai sosialisasi ke wali murid, simulasi, hingga  deseminasi atau gladi resik.

Harapannya, kedepan stakeholder pemerintah terus mendukung kegiatan UNBK dan pemenuhan sarana dan prasarana. Karena memiliki integritas yang sangat tinggi.

Pihaknya juga membuka ruang bagi siapapun untuk ikut mendukung dan peduli dengan pendidikan. Dukungan itu tidak mesti sarana dan prasarana, namun pengembangan ujian atau mutu.

“Media juga bisa berperan bagaimana menjelaskan tentang bagaimana pemntingnya UNBK, karena memiliki integeritas yang tinggi,” ujarnya. (IAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 30
    Shares

Komentar

To Top