Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Lomba Kelurahan, Nungga Tampilkan Hasil Budidaya Perikanan

Tim Penilai Lomba Kelurahan saat menyambangi Nunggu, Senin.

Kota Bima, Bimakini.- Kelurahan Nungga mewakili Kecamatan Rasanae Timur dalam lomba kelurahan tingkat Kota Bima tahun 2018 ini. Nungga, menjadi kelurahan ketiga yang dinilai, Senin (28/5).

Sebelumnya tim telah melakukan penilaian padadi Kelurahan Melayu mewakili Kecamatan Asakota dan Penanae mewakili Kecamatan Raba.

Lurah Nungga, Rasyidi mengatakan, sudah melakukan persiapan lebih dari sebulan, baik pemerintah kelurahan maupun masyarakat. Nungga menjadi kelurahan yang penuh keasrian serta masyarakatnya yang ramah.

Rasyidi mengaku, meskipun persiapan singkat, namun optimis mampu mewakili Kota Bima dalam ajang yang sama tingkat Provinsi NTB. Karena berbagai persiapan administrasi dan produk keunggulan kelurahan telah disiapkan secara terencana.

“Mulai dari kesiapan dokumen administrasi pemerintah, hingga produk unggulan telah disiapkan. Seperti hasil pertanian, perkebunan, kerajinan tangan hingga hasil perikanan yang telah menorehkan banyak prestasi,” katanya.

Khusus hasil perikanan di wilayah Nungga pernah menorehkan prestasi gemilang, dengan menjadi juara I dalam ajang kelompok budidaya ikan air tawar tingkat Kota Bima.

Dikatakannya,ada tiga  kelompok dengan beranggotakan 30 orang yang mengelola usaha tersebut. Terbukti selama aktif puluhan tahun, hasil budidaya ikan air tawar seperti lele, carper, nila hingga gabus banyak diminati konsumen. Sehingga berkat keberhasilan tersebut, anggota kelompok mengalami penigkatan perekonomian.

“Alhamdulillah, berkat usaha tersebut, keluarga kelompok budidaya ikan meningkat kesehjahteraannya,” pungkasnya.

Untuk itu, dengan terus berkembangnya usaha perikanan, sebagai lurah meminta jajaran OPD terkait untuk melirik wilayahnya. Karena masih banyak potensi yang belum digali dan diekspos.

“Selain perikanan, masih ada produk pertanian, perkebunan maupun kerajinan tangan yang membutuhkan sentuhan pemerintah. Untuk diberikan dana stimulant, untuk merangsang perekonomian masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, Kabag AP Setda Kota Bima H Fahruddin selalu tim penilai menambahkan, pelaksanaan lomba tersebut merupakan rangkaian kegiatan rutin setiap tahun. Mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor.81 tahun 2015, tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan. (DED

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Untuk memudahkan penyediaan data batas kelurahan pada tiga  Kecamatan di Kota Bima, Bagian Administrasi Pemerintahan (AP) Setda Kota Bima bersama Badan...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Untuk memperjelas dan memudahkan penyediaan data batas-batas antara kelurahan di Kota Bima, Bagian Administrasi Pemerintahan (AP) Setda Kota Bima menggelar rapat...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Setelah melalui tahap penilaian dari tim juri di tingkat Provinsi NTB, akhir diputuskan tiga pemenang lomba kelurahan dan desa terintegrasi. Kelurahan...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Rombongan tim penilai Lomba Kelurahan Terintegrasi Tingkat Provinsi NTB di Kelurahan Rite Kota Bima, Jum’at (22/6) pagi disambut meriah warga. Begitu...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Wakil Wali (Wawali) Kota Bima, Feri Sofiyan, SH menyambut kedatangan rombongan  tim penilai Lomba Kelurahan Terintegrasi Tingkat Provinsi NTB Tahun 2019...