Pemerintahan

Pemerintah akan Upayakan Penuhi Tuntutan GNPHI

Dompu, Bimakini.- Tuntutan kelompok Gerakan Nasional Perawat Honor Indonesia (GNPHI) Dompu akan diupayakan oleh Pemerintah Kabupaten Dompu untuk dipenuhi meski menyusul jumlah tenaga kesehatan membludak.

Hal itu terungkap saat dialog di gedung DPRD Dompu antara ratusan tenaga kesehatan Dompu dengan perwakilan Pemerintah Kabupaten Dompu difasilitasi anggota DPRD setempat, Senin (14/5).

Pada pertemuan dialog itu, hadir Kepala Dinas Kesehatan Dompu, Hj Eryani, Kepala BPKAD Dompu juga Kepala UPT Dinas Kesehatan se-Kabupaten Dompu dan Ketua Komisi A DPRD Dompu, Drs Andi Bahtiar, Komisi B Drs Muhtar dan Komisi C, Ikhwayudin, SE.

Dialog berlangsung seru. Berbagai keluhan dan aspirasi tenaga kesehatan sukarela disampaikan. Antara lain, GNPHI meminta upah sesuai Upah Minimum Kabupaten (UMK), jaminan kesehatan untuk perawat, meminta program 1 desa 1 perawat, meminta mengawal revisi Undang-undang ADM Nomor 5 Tahun 2014 dan menertibkan SK Honda.

Kelima tuntutan GNPHI itu ditanggapi serius utusan pemerintah, terutama kaitan insentif.

Kabag Ortal Setda Dompu, Maujud, SSos, menjelaskan masalah insentif honorer akan disampaikan pada Bupati Dompu.

Kepala Dinas Kesehatan Dompu, Hj Eryani, mengatakan tidak berani menjanjikan insentif bagi tenaga kesehatan sukarela, namun akan mengupayakan lobi pada pemerintah.

Dia mengakui, sekarang ini jumlah tenaga kesehatan sukarela di Puskesmas maupun di RSUD sudah melebihi kapasitas.

Ketua Komisi A DPRD Dompu, Andi Bahtiar, berjanji akan koordinasi dengan Pemerintah Dompu agar insentif tenaga kesehatan sukarela diberikan.

“Kamis siap memberikan rekomendasi terkait masalah itu ke pemerintah daerah,” tuturnya.

Senada disampaikan Ketua Komisi B, Drs Muhtar. Dia berjanji akan melakukan pendekatan pada pemerintah agar mencarikan solusi, sehingga insentif tenaga kesehatan terbayar dan menerbitkan SK pengangkatan.

Ketua Komisi C, Ihwayudin, SE, mendukung dan  berjanji akan memberikan rekomendasi agar insentif tenaga sukarela kesehatan itu dianggarkan oleh pemerintah. (JUN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 1
    Share

Komentar

To Top