Politik

Data Pemilih Pengaruhi Tahapan Pemilu

Suherman, SPd

Dompu, Bimakini.- Data pemilih itu sangat penting dan berpengaruh terhadap tahapan-tahapan pemilihan atau pemilu lainnya. Data pemilih yang akurat dan valid akan berdampak pada pengadaan logistik yang efektif dan efisien.

Selain itu, kata ketua Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Dompu, Suherman, SPd, akan memberikan pengaruh pada tingkat partisipasi pemilih. Dengan data pemilih yang akurat dan valid juga dapat mengefektif dan mengefisiensikan penyelenggara dan peserta Pemilu untuk bersosialisasi dan membangun komunikasi.

“Terpenting bagi peserta Pemilu adalah dapat berkampanye dengan efektif dan tepat sasaran,” ujarnya pada BimaEkspres, Senin (11/6).

Lanjutnya, jika data pemilihnya valid, maka Parpol dan calon bisa lebih efektif dalam berkampanye. “Sehingga tidak berkampanye pada orang yang tidak berhak memilih. Kan tidak efisien,” terangnya.

Hal itu, kata dia, menjadi titik tekannya pada acara sosialisasi pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih dalam pemilu tahun 2019, Sabtu (9/6) lalu di Hotel Tursina.

Untuk itu, kata dia, KPU Kabupaten Dompu berharap partisipasi masyarakat, stakeholder dan peserta Pemilu untuk terus mengidentifikasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang akan ditetapkan. Memberikan masukan dan tanggapan terhadap data pemilih tersebut.

“Untuk diketahui bahwa bagi daerah yang melaksanakan Pilkada tahun 2018, tidak dilakukan proses pencocokan dan penelitian data pemilih. DPT Pilkada 2018 ditambah dengan daftar pemilih pemula itulah daftar pemilih sementara pemilu 2019 yang akan ditetapkan pada 15 sampai 17 Juni mendatang,” pungkasnya. (IAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 5
    Shares

Komentar

To Top