Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Irmas Rasabou Gelar Takbir Keliling Kampung

Bima, Bimakini.- Dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 H, Ikatan Remaja Masjid (Irmas) Desa Rasabou Kecamatan Bolo menggelar takbir keliling kampong, Kamis (14/6) malam. Kegiatan itu merupakan bentuk suka cita dari seluruh masyarakat desa setempat sekaligus untuk menyemarakan hari kemenangan setelah selama 29 hari melaksanakan ibadah puasa.

“Takbir keliling adalah bentuk suka cita dari umat Islam. Dan itu sudah menjadi tradisi sekaligus harus jaga agar tidak luntur,” ujar Ketua Irmas Rasabou, Imam Muslim saat malam takbiran, Kamis (14/6).

Imam  mengungkapkan, yang terlibat dalam kegiatan itu dari generasi muda, mulai tingkat SD hingga SMA.

“Takbir keliling tidak boleh luntur karena bernilai ibadah, juga bernuansa Islami,” terangnya.

Rutenya, kata dia, mulai dari Masjid Ass Sua’ada, kemudian masuk di wilayah Dusun 04 hingga menyisir dusun lainnya. Dalam kegiatan takbir keliling kali ini, disemarakan juga dengan pasukan obor.

Selain itu, pasukan pengaman dari unsur kepengurusan Irmas. Tidak hanya itu, agar kegiatan itu lebih semarak, alat pengeras suara seperti sound sistem digunakan.

Hal itu dilakukan agar gema takbir bisa didengar luas oleh seluruh masyarakat. “Kami gunakan alat pengeras suara. Sementara unsur keamanan menjadi garda terdepan,” sebutnya.

Sebelum takbir keliling dimulai, pihaknya mengimbau peserta yang ikut teratur. “Untuk menghindari terjadinya hal hal yang tidak diinginkan. Kita arahkan peserta takbir keliling agar teratur,” pungkasnya.

Panitia takbir keliling, Ayu Lestari mengatakain, kegiatan ini tetap dilakukan setiap perayaan hari raya, baik Idul fitri maupun Idul Adha.

“Generasi sangat antusias mengikuti takbir keliling,” ucapnya saat gema takbir dikumandangkan.

Kata dia, semangat para generasi melaksanakan takbir keliling sangat tinggi. Hal ini harus dijaga, karena kegiatan ini merupakan bagian program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima.

“Kita sangat terharu merayakan kemenangan ini. Setelah sebelumnya menahan lapar dan dahaga selama bulan puasa,” pungkas Tari. (YAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Pawai obor menyambut 1 Syawal 1434 H di Kelurahan Panggi, Kecamatan Mpunda Kota Bima, meriah. Pawai obor diikuti anak-anak dan remaja,...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Menindaklanjuti instruksi Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, Kamis (14/6) malam, akan diadakan pawai obor. Kegiatan ini akan melibatkan Muspika, Pemerintah Desa...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, meminta Sekretaris Daerah (Sekda), Asisten, Kepala OPD, Kepala Bagian (Kabag), Camat, Kepala Desa (Kades) menggelar pawai...

Peristiwa

  Kota Bima, Bimakini.- Setelah Pemerintah melalui Menteri Agama, mengumumkan 1 Syawal 1438 Hijriyah, puluhan remaja dan anak-anak di Kelurahan Panggi, Kecamatan Mpunda, Kota...