Peristiwa

Irmas Rasabou Gelar Takbir Keliling Kampung

Bima, Bimakini.- Dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 H, Ikatan Remaja Masjid (Irmas) Desa Rasabou Kecamatan Bolo menggelar takbir keliling kampong, Kamis (14/6) malam. Kegiatan itu merupakan bentuk suka cita dari seluruh masyarakat desa setempat sekaligus untuk menyemarakan hari kemenangan setelah selama 29 hari melaksanakan ibadah puasa.

“Takbir keliling adalah bentuk suka cita dari umat Islam. Dan itu sudah menjadi tradisi sekaligus harus jaga agar tidak luntur,” ujar Ketua Irmas Rasabou, Imam Muslim saat malam takbiran, Kamis (14/6).

Imam  mengungkapkan, yang terlibat dalam kegiatan itu dari generasi muda, mulai tingkat SD hingga SMA.

“Takbir keliling tidak boleh luntur karena bernilai ibadah, juga bernuansa Islami,” terangnya.

Rutenya, kata dia, mulai dari Masjid Ass Sua’ada, kemudian masuk di wilayah Dusun 04 hingga menyisir dusun lainnya. Dalam kegiatan takbir keliling kali ini, disemarakan juga dengan pasukan obor.

Selain itu, pasukan pengaman dari unsur kepengurusan Irmas. Tidak hanya itu, agar kegiatan itu lebih semarak, alat pengeras suara seperti sound sistem digunakan.

Hal itu dilakukan agar gema takbir bisa didengar luas oleh seluruh masyarakat. “Kami gunakan alat pengeras suara. Sementara unsur keamanan menjadi garda terdepan,” sebutnya.

Sebelum takbir keliling dimulai, pihaknya mengimbau peserta yang ikut teratur. “Untuk menghindari terjadinya hal hal yang tidak diinginkan. Kita arahkan peserta takbir keliling agar teratur,” pungkasnya.

Panitia takbir keliling, Ayu Lestari mengatakain, kegiatan ini tetap dilakukan setiap perayaan hari raya, baik Idul fitri maupun Idul Adha.

“Generasi sangat antusias mengikuti takbir keliling,” ucapnya saat gema takbir dikumandangkan.

Kata dia, semangat para generasi melaksanakan takbir keliling sangat tinggi. Hal ini harus dijaga, karena kegiatan ini merupakan bagian program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima.

“Kita sangat terharu merayakan kemenangan ini. Setelah sebelumnya menahan lapar dan dahaga selama bulan puasa,” pungkas Tari. (YAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 262
    Shares

Komentar

To Top