Peristiwa

MUI Kabupaten Bima Sorot Kinerja Dewan

KH Abdurahim Haris, MA

Bima, Bimakini.- Ketua MUI Kabupaten Bima, KH Abdurahim Haris, menyorot kinerja wartawan dan anggota DPRD Kabupaten Bima dalam melaksanakan tugas maupun fungsi.

“Saya menilai anggota DPRD tidak maksimal melaksanakan fungsinya. Terutama, sebagai pengawasan terhadap perkembangan yang cukup dinamis di tengah masyarakat,” nilainya.

Penilaian itu disampaikan saat acara dialog Penguatan Kemitraan Antara Pemerintah dan Organisasi non Pemerintah Menuju Bima RAMAH di pemandian Bima Tirta Kota Bima, Jumat (29/6).

Dia mengatakan, peran dan fungsi stakeholder seperti anggota DPRD harus meningkatkan kinerja dalam hal pengawasan menyikapi perkembangan dinamika di masyarakat.

“Hanya kepentingan politik dan kepentingan pribadi yang lebih diutamakan, sementara kepentingan masyarakat diabaikan,” sorotnya.

Kondisi itu, menurutnya, menimbulkan persoalan di tengah masyarakat. “Kami dari MUI, sering turun ke masjid dan mushala berbaur dengan masyarakat memberikan edukasi,” tuturnya.

Selaian menyorot kinerja anggota DPRD, dia juga menyorot kinerja insan pers. “Ada oknum wartawan yang tidak menjunjung tinggi kode etik jurnalis dalam melaksanakan tugas,” ungkapnya.

Dia diimbau seluruh insan pers, agar menjunjung tinggi kode etik jurnalis dalam melaksanakan tugas dan tidak menciderai profesi yang mulia itu.

“Insan pers diharapkan menulis berita yang aktual dan berimbang dan hindari menyajikan berita yang  berkaitan dengan aib orang,” sarannya.

Masalah aib, bertautan dengan masalah privasi. Disarankan tidak dijadikan sebuah berita untuk konsumsi publik dan jangan jadikan hal yang tabu menjadi layak untuk diperbincangkan di ruang publik.

“Saat kita selalu membuka aib orang lain, maka tunggu saatnya aib kita akan dibuka oleh orang lain. Masalah privasi orang, kalau boleh jangan dijadikan konsumsi publik,” pintanya. (PUL)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 94
    Shares

Komentar

To Top