Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

MUI Kabupaten Bima Sorot Kinerja Dewan

KH Abdurahim Haris, MA

Bima, Bimakini.- Ketua MUI Kabupaten Bima, KH Abdurahim Haris, menyorot kinerja wartawan dan anggota DPRD Kabupaten Bima dalam melaksanakan tugas maupun fungsi.

“Saya menilai anggota DPRD tidak maksimal melaksanakan fungsinya. Terutama, sebagai pengawasan terhadap perkembangan yang cukup dinamis di tengah masyarakat,” nilainya.

Penilaian itu disampaikan saat acara dialog Penguatan Kemitraan Antara Pemerintah dan Organisasi non Pemerintah Menuju Bima RAMAH di pemandian Bima Tirta Kota Bima, Jumat (29/6).

Dia mengatakan, peran dan fungsi stakeholder seperti anggota DPRD harus meningkatkan kinerja dalam hal pengawasan menyikapi perkembangan dinamika di masyarakat.

“Hanya kepentingan politik dan kepentingan pribadi yang lebih diutamakan, sementara kepentingan masyarakat diabaikan,” sorotnya.

Kondisi itu, menurutnya, menimbulkan persoalan di tengah masyarakat. “Kami dari MUI, sering turun ke masjid dan mushala berbaur dengan masyarakat memberikan edukasi,” tuturnya.

Selaian menyorot kinerja anggota DPRD, dia juga menyorot kinerja insan pers. “Ada oknum wartawan yang tidak menjunjung tinggi kode etik jurnalis dalam melaksanakan tugas,” ungkapnya.

Dia diimbau seluruh insan pers, agar menjunjung tinggi kode etik jurnalis dalam melaksanakan tugas dan tidak menciderai profesi yang mulia itu.

“Insan pers diharapkan menulis berita yang aktual dan berimbang dan hindari menyajikan berita yang  berkaitan dengan aib orang,” sarannya.

Masalah aib, bertautan dengan masalah privasi. Disarankan tidak dijadikan sebuah berita untuk konsumsi publik dan jangan jadikan hal yang tabu menjadi layak untuk diperbincangkan di ruang publik.

“Saat kita selalu membuka aib orang lain, maka tunggu saatnya aib kita akan dibuka oleh orang lain. Masalah privasi orang, kalau boleh jangan dijadikan konsumsi publik,” pintanya. (PUL)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Sidang paripurna ke-8 Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Bima Masa Sidang III dengan agenda Penyampaian Nota Keuangan tentang Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) APBD...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.-  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima mendukung penuh langka DPRD yang melaporkan pendemo atas kasus pengrusakan fasilitas di kantor dewan. “Kasus ini telah dilaporkan...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Aksi mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Aliansi Rakyat Bima (GARB) merusak properti di ruang rapat utama Kantor DPRD berbuntut panjang. Mereka telah...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Kinerja Sekretaris DPRD Kabupaten Bima disorot pasca perusakan fasilitas ruang sidang utama. Salah satu sorotan datang dari anggota dewan setempat dari fraksi...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.-  DPRD Kabupaten Bima menggelar Rapat Paripurna III dengan agenda Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD Kabupaten Bima Pengganti Antar Waktu (PAW). Rapat  dipimpin oleh...