Pemerintahan

Nazamuddin: Kewajiban dan Tugas Pemerintah Lindungi Hak Anak

Nazamuddin

Kota Bima, Bimakini.- Anggota DPRD Kota Bima, Nazamuddin, SSos, menanggapi maraknya ekploitasi anak oleh orang tidak bertanggung jawab hingga menjadikan anak pengemis di wilayah Kota Bima.

Duta PKPI itu mendesak pemerintah bersikap tegas terkait masalah dimaksud. “Lindungi hak anak bukan tugas, tetapi kewajiban pemerintah,” ucapnya.

Kaitan persoalan ekploitasi anak, dia menegaskan, harus disikapi serius, sehingga tidak ada lagi kejadian serupa ke depan.

Apalagi, dilihat kejadian dan pengakuan oknum yang menyuruh anak dimaksud menjadi pengemis, diduga termasuk sindikat ekplotasi anak layaknya yang terjadi di Kota Besar.

“Pemerintah Kota Bima melalui Dinas terkait, khususnya Dinas Sosial bukan saja membina tetapi penegakan hukum,” pintanya.

Menurutnya, harus ada efek jera dengan demikian ke depan tidak ada lagi yang berani mengulangi, dan jika hanya dibina dan dilepas kembali tanpa ada solusi hukum dan sosial, maka kejadian yang sama akan terus terulang.

“Walaupun belakangan kita ketahui yang diamankan adalah anak dari luar daerah, tetapi lokasi aktivitasnya di Kota Bima, apalagi bukan saja di pusat keramaian di Bima, bahkan sudah menyasar hingga dipermukiman warga,” bebernya.

Dia mengatakan, pihaknya bukan melarang orang meminta, namun hidup di tengah pemerintah yang minim angka kemiskinan, harusnya tidak ada fakta pengemis.

“Saya desak pemerintah kota segera bertindak, lakukan penertiban dan beri efek jera, khususnya yang mengekploitasi anak-anak tersebut,” tandasnya. (DED)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share

Komentar

To Top