Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Penerimaan Zakat di Wawo Meningkat

ilustrast

Bima, Bimakini.- Penerimaan zakat fitrah melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di tingkat desa di Kecamatan Wawo berlangsung lancar. Sebagian besar UPZ sudah membagikan persentase bagian desa kepada beberapa warga yang berhak menerima zakat. Juga ada peningkatan penerimaan zakat tahun ini.

Bendahara Baznas Kecamatan Wawo, A Majid Ango, mengatakan, penerimaan zakat oleh UPZ masih terus berlangsung hingga waktu terakhir penerimaan zakat.

Bahkan, sebagian yang sudah dikumpulkan dan 50 persen bagian desa sebagian besar sudah dibagikan kepada yang berhak.

Namun, 50 persen persentase bagian untuk Kecamatan dan Kabupaten baru sebagian desa yang sudah menyetorkan kepada Bendahara Kecamatan. “Baru Desa Maria dan Desa Raba yang sudah menyetorkan ke bendahara UPZ Kecamatan, sedangkan desa-desa lain baru sebagian yang menyetorkan, termasuk UPZ sekolah. Kita masih menunggu dua hari menjelang berakhirnya bulan Ramadhan,” ujarnya di kantor KUA Wawo, Rabu (13/6).

Untuk sementara, katanya, Desa Maria yang paling banyak pemasukan yakni sekitar Rp2,5 juta. Jumlah itu sebanding dengan jumlah jiwa terbanyak adalah Desa Maria, sedangkan urutan kedua sementara masih diduduki Desa Raba.

Tahun ini, katanya, diperkirakan meningkat dibandingkan tahun lalu. Beberapa dusun yang tidak menyetorkan ke Baznas Kecamatan kini aktif menyetorkan. Namun, untuk tingkat desa baru sebagian kecil yang menyetorkan persentase bagian kecamatan dan kabupaten.

Untuk zakat maal, katanya, sudah disetorkan ke Baznas Kabupaten Bima. Hasilnya juga meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Namun, belum bisa merinci jumlah keseluruhan yang sudah disetorkan. “Maaf tidak membawa catatan total jumlah yang disampaikan. Takut salah saya belum bisa menyampaikan riil jumlahnya,” katanya.

Dia berharap penerimaan dan penyetoran zakat di daerah dataran tinggi Wawo tahun ini lebih baik dibandingkat tahun lalu. (NAS)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Pemasukan zakat pada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bima jauh dari ditargetkan. Sesuai ditargetkan, untuk Tahun 2020 mestinya zakat yang masuk...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Ketua Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan Bolo, Jamaludin H Atalib mengatakan, bahwa penerimaan zakat Mal dan Fitrah untuk tahun 2018 menurun. Hal...