Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Wabup: Kades Dilarang Membeli Randis Sekdes

Wabup Bima, H Dahlan usai shalat Id.

Bima, Bimakini.- Wakil Bupati (Wabup) Bima, Dahlan M Noer, menegaskan para Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Bima agar tidak mengadakan Kendaraan Dinas (Randis) untuk Sekretaris Desa (Sekdes) melalui ADD.

“Kepala Desa tidak boleh mengadakan sepeda motor untuk sekertaris desa. Pengadaan tersebut kewenangan pemerintah daerah,” pintanya ditemui di kediamannya, Sabtu (16/6).

Dia mengatakan, masih banyak program skala prioritas untuk pemberdayaan dan peningkatan pembangunan desa yang perlu diperhatikan.

Dana Desa tidak boleh diperuntukan bagi yang bukan skala prioritas. Bila terasa berat, jangan menggunakan anggaran yang banyak untuk hal yang di luar kemampuan.

“Mana yang bukan wewenang desa, itu yang dikerjakan pemerintah daerah. Selain itu akan dikerjakan secara prioritas sesuai program di desa,” tuturnya.

Menurut Dahlan, perputaran uang harus bertumpu pada desa, maka Dana Desa harus diperdayakan langsung oleh pemerintah desa untuk kebutuhan masyarakat, supaya mengurangi angka kemiskinan.

“Bagi sarjana muda, jangan lebih banyak yang tinggal di kota daripada yang tinggal di desa, masyarakat harus membantu Pemerintah Desa dalam segi memberikan masukan membangun. Itulah tujuan dan prioritas Dana Desa,” terangnya.

Kata dia, meski pemerintah menaruh banyak harapan pada desa agar meningkatkan berbagai bidang, tetapi semua itu akan kembali pada pengelola Dana Desa.

“Tetapi prioritas tersebut tidak bisa sesuai harapan kita karena pengelolanya langsung oleh desa, termasuk menggunakan dana Desa untuk pengadaaan Randis, nanti salah sasaran. Itu bukan kewenangan desa,” tegasnya. (MAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Wakil Bupati Bima Drs. H. Dahlan M. Noer Rabu (2/8) saat menjadi Pembina apel pagi pada Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Wakil Bupati Bima, Drs H Dahlan M Noer hadiri pelantikan Nusri Ihza Mahendra, SSos sebagai Sekretaris dan Ahmad, SPd sebagai Kepala Bidang...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Lantaran di nilai mampu menekan angka konflik bahkan “menyulap” wilayah yang sebelumnya di kenal zona merah hingga menjadi hijau, Wakil Bupati Bima...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Kantor PT Pos di berbagai Kecamatan di Kabupaten Bima, sibuk melayani masyarakat yang menerima pencairan BLT dari Kemensos RI. Wabup Bima, Drs...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Wakil Bupati (Wabup) Bima, Drs H Dahlan, HM Noer, MPd, meminta masing-masing instansi terus berbenah demi masyarakat. Prestasi  dan pelayanan  perlu terus...