Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

DAK Fisik 2018 Akan Segara Cair

Hj Jubaidah

Bima, Bimakini.- Kabar menggembirakan diperoleh jajaran pendidikan di Kabupaten Bima. Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Tahun Anggaran 2018 akan segara cair dalam beberapa hari ke depan. Nilainya sekitar Rp18 miliar lebih.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Dikdas Dinas Dikpora Kabupaten Bima, Hj. Jubaidah, S. Pd bersama dua Kepala Seksi (Kasi) Sarana Prasarana Subsidi dan Bantuan untuk SMP dan SD, Husnul Khatimah, S. Fil dan Andi Firmansyah, ST saat Bimbingan Teknis sekaligus sosialisasi penggunaan DAK TA. 2018 di Aula SMKN 2 Kota Bima, Senin (23/7).

Kegiatan yang dihadiri oleh pihak Kejaksaan Negeri Raba Bima selaku tim TP4D serta ratusan kepala SMP dan SD khusus yang mendapat jatah program DAK Tahun Anggaran 2018, berlangsung dialogis.

Kasi Sarana Prasarana Subsidi dan Bantuan untuk SD, mengatakan, kegiatan sosialisasi bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada seluruh kepala sekolah SD maupun SMP yang mendapat Dana Alokasi Khusus tahun 2018, mengingat pelaksanaan proyek yang bersumber dari DAK ini akan dimulai dalam minggu ini hingga Oktober mendatang.

“Dana itu akan cair dalam beberapa hari ke depan, sedangkan mulai pengerjaan dua hari ke depan atau paling lambat satu pekan depan,” ujarnya usai sosialisasi di SMKN 2 Kota Bima, Senin.

Tahun ini, katanya, ada sekitar Rp4 miliar lebih untuk rumah dinas guru dan kepala SD di daerah terpencil, sedangkan Rp6 miliar dialokasikan untuk rehab dan pembangunan lokal baru dengan jumlah 62 SD dan 31 SMP. “Semua itu untuk meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan serta untuk menjawab kebutuhan guru di daerah terpencil,” katanya.

Hal senada dikemukakan Kasi Sarana Prasarana Subsidi dan Bantuan untuk SMP, Husnul Khatimah, S. Fil. Nilai anggaran untuk sarana dan prasarana pendidikan tingkat SMP senilai Rp8 miliar lebih untuk empat jenis bantuan yakni sanitasi dan WC sekolah untuk empat sekolah, rehab ruang kelas delapan sekolah dan pembangunan ruang laboratorium enam sekolah dan rumah dinas guru sebanyak 10 sekolah.

Untuk dana reguler, katanya, senilai Rp4 miliar lebih, sedangkan dana afirmatif untuk rumah guru senilai Rp4 miliar lebih. “Kita harapkan pengerjaan dilakukan sesuai juklat dan juknis DAK Fisik 2018 sesuai jangka waktu yang telah ditentukan,” katanya usai sosialisasi di SMKN 2 Kota Bima, Senin. (NAS)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Sebanyak 38 penggiat seni Islami mengikuti Pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Lembaga Kesenian Islami. Kegiatan yang digelar Dinas Dikpora Kabupaten Bima,...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Dinas Dikbudpora Kabupaten Bima menerbitkan SK mutasi Abdul Haris, SPd seorang tenaga sukarela di SDN Dadibou Kecamatan Woha ke SDN Rabakodo. Hal...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Dinas Dikbudpora Kabupaten Bima rapat koordinasi Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik jenjang SD, Kamis (18/6) di SMPN 1 Bolo. Kepala Dinas Dikbudpora...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Untuk mendapatakan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK). Guru sukarela jajaran SD dan SMP di Kabupaten Bima harus kantongi SK dari...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Imbas virus Corona berdampak pada penundaan pembangunan gedung  perpustakaan di Kota Bima senilai Rp 10 miliar tahun 2020. Hal itu setelah adanya...