Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

SMPN 11 Juara 2 Lomba OPSI Tingkat Nasional

Kota Bima, Bimakini.- Siswa SMPN 11 Kota Bima sukses menembus peringkat nasional dan meraih juara 2 setelah bersaing dengan perwakilan 34 Provinsi se-Indonesia, dalam Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI).

Siswa SMPN 11 berhasil menyisihkan puluhan perwakilan sekolah seluruh Indonesia, yang 23-26 Juli di Kota Surabaya.

SMPN 11 Kota Bima berhasil meraih medali perak pada kategori pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Raihan itu berkat 2 siswi, Dian Islamiati dan Dhea Ananda berhasil tampil meyakinkan dalam presentasi ilmiah dihadapan 3 juri panelis.

“Berdasarkan hasil penilaian dan presentasi, alhamdulillah tim SMPN 11 Kota Bima meraih nilai kedua tertinggi. Sehingga berhak meraih medali perak,” ujar guru pembina Baharudin MPd, Sabtu (28/7).

Dua siswanya mampu membuat dewan juri terkesan, karena mampu menggambarkan dan mengangkat tema kearifan lokal yang diteliti. Kearifan lokal Sagele (menanam padi sembari menyanyi lagu daerah),  perlu dilestarikan oleh generasi muda.

“Segele merupakan bagian dari karakter kearifan lokal, yang merupakan sebuah tradisi yang mungkin jarang ditemui. Sehingga meski terus dilestarikan,” ujarnya.

Baharudin mengatakan, bahwa keberhasilan meraih perak ini sudah melebihi ekspektasi. Sebab ini adalah kali pertama SMP 11 mengirim wakil ke final, sebagai duta mewakili Provinsi NTB. Perjuangan yang melelahkan dalam membina siswa terbayar lunas melalui medali ini perak ini.

Sementara itu, Kepala SMPN 11 Kota Bima, Rosdi Efendy, SPd menambahkan, dengan torehannya prestasi gemilang tersebut, pihaknya akan lebih giat lagi. Mendorong siswa-siswa lain untuk mengikuti ajang serupa tahun depan.

“Kami akan libatkan banyak siswa dalam berbagai ajang lomba, baik tingkat lokal maupun luar daerah. Agar kemampuan siswa terasah, dan terbangun semangat mental bertanding yang baik,” tutupnya. (DED)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Langkah hukum yang ditempuh SMPN 11 Kota Bima melaporkan warga yang memukul guru dan merusak fasilitas sekolah didukung oleh Kepala Dinas...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Jajaran SMPN 11 Kota Bima resmi melaporkan siswa dan orang tua murid yang menyerang di sekolah ke Polsek Asakota. Tuduhannya pengerusakan...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Ini pengakuan Usman (37), orang tua BS (16) siswa SMA yang mendatangi SMPN 11 Kota Bima. Awalnya, BS ingin menjemput adik...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Sejumlah warga, Kamis (8/6/2017) datang dan mengamuk di SMPN 11 Kota Bima. Mereka memecahkan kaca sekolah dan menganiaya seorang guru. Peristiwa...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Dua Sekolah Menengah Pertama di Kota Bima menggelar acara pelepasan pelajar kelas IX. Yakni SMPN 6 dan SMPN 11, Rabu (24/5/2017). Prosesi...