Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Zohri, si Bocah Tercepat Dunia Asal NTB

Mataram, Bimakini.- Lalu Muhammad Zohri, pemuda kelahiran NTB 1 Juli 2000, tiba-tiba bikin gempar Indonesia. Diusia mudanya, dia baru saja menjadi manusia tercepat sedunia, dengan meraih emas di Kejuaraan Dunia Atletik U-20, mengalahkan lawan-lawannya dari berbagai negara.

Zohri memenangi medali emas setelah finis terdepan dalam final lari 100 meter putra yang dilangsungkan di Tampere, Finlandia, Rabu (11/7/2018). Tidak sekadar juara, dia juga mencatat rekor terbaiknya, dengan waktu 10,18 detik.

Yang hebat lagi. Atlet muda berusia 18 tahun itu mengalahkan dua pelari negara Donald Trump, Amerika Serikat, yaitu Anthony Schwartz dan Eric Harrison, yang sama-sama mencatat waktu 10,22 detik. Pencapaian Zohri ini tentu saja merupakan sejarah baru dalam dunia atletik Indonesia, khususnya dunia olahraga NTB yang sedang giat-giatnya menggelorakan prestasi olahraganya dengan slogan “Dari NTB Untuk Indonesia Menuju Prestasi Dunia”.

Saat ini, Zohri tercatat pula sebagai salah satu atlet Indonesia yang dipersiapkan ke Asian Games bulan depan. Namanya sebagai salah satu atlet atletik di Asian Games diungkapkan langsung situs resmi Federasi Atletik Dunia (IAAF), usai Zohri dinobatkan sebagai juara dunia U-20 itu.

“Saya sangat bangga. Ini adalah sebuah pengalaman luar biasa dan ini sangat bagus untuk karier saya,” ujar Zohri kepada situs resmi IAAF.

Sebagaimana diketahui, Zohri adalah salah satu atlet Pelatnas Asian Games 2018, di bawah binaan Kemenpora. Kemenpora secara khusus memberikan apresiasi luar biasa atas prestasi dunia dan dedikasinya yang telah mengharumkan nama bangsa.

“Pemuda hebat yang mengharumkan bangsa dengan prestasi. Dia punya potensi luar biasa, dan dibimbing secara benar, disalurkan secara baik. Pemuda hebat bisa dari berbagai bidang, termasuk skill berlari, yang dengan pembimbingan yang baik akan melahirkan prestasi”, ujar Deputi Pengembangan Pemuda, Asrorun Niam Sholeh.

Sholeh mengaku sempat merinding saat menyaksikan video detik-detik kemenangan Zohri dalam lomba itu.

Atas prestasi itu, Zohri disebut sebagai sosok muda ideal. Berprestasi di bidangnya dan implementadi pemuda yang punya potensi dan kecerdasan.

Prestasi telah ditorehkan. Nama harum bangsa telah dihasilkan. Kegembiraan sudah dirasakan. Kini, Zohri, saatnya kembali fokus. Tantangan untuk berprestasi di Asian Games.

Sementara itu, Ketua Umum KONI NTB, H Andy Hadianto, mengapresiasi sukses yang diraih Zohri. Dia mengaku sangat bangga karena prestasi dunia Zohri itu adalah bukti kesungguhan KONI NTB dan Pemerintah NTB dalam membangun prestasi olahraga daerah.

“Ini adalah kebanggaan luar biasa untuk kita semua, NTB dan Indonesia,” katanya. PUR

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

NTB

Mataram, Bimakini.- Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) NTB, Ir. Hj. Husnanidiaty Nurdin, Sabtu (28/12/2019) siang, menyambangi kediaman juara dunia lari asal NTB, Lalu...

NTB

Mataram, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, menyempatkan diri bertemu dan berbincang-bincang dengan para atlet pelatnas asal NTB, di Jakarta, Minggu (14/7/2019). Namun tidak...

NTB

Mataram, Bimakini.- Pelari tercepat Asia Tenggara, asal NTB, Lalu Muhammad Zohri, sukses merebut tiket Olimpiade 2020 Tokyo. Sukses itu diraih sprinter kelahiran Lombok Utara...

NTB

Mataram, Bimakini.- Juara Dunia Lari U21, Lalu Muhammad Zohri, dipastikan akan membela Kabupaten Lombok Utara di cabang olahraga atletik dalam Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV)...

NTB

Mataram, Bimakini.- Pelari cepat NTB yang kini menjadi idola baru Indonesia, Lalu Muhammad Zohri, bakal turun di dua nomor pada ajang Asian Games ke-18,...