Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Desa Mpuri Dinilai Tim Provinsi NTB

Bima, Bimakini.- Sebanyak 21 juri lomba desa tingkat Provinsi NTB menilai Desa Mpuri, Kecamatan Madapangga, Kamis (2/8). Desa Mpuri ini merupakan desa yang menjadi wakil Kabupaten Bima dalam lomba desa tingkat Provinsi NTB.

Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri menyambut roombongan tim tersebut. Diharapkannya menjadi awal menuju desa berkembang.

Kata dia, lomba desa ini bukan hanya menunjukkan fisik saja. Namun bagaimana membangun kebersamaan warga. Terutama dalam pengelolaan admistrasi dan pemerintahan di desa.

“Kita memilih Mpuri karena aspek tersebut. Semoga Desa Mpuri dapat menjadi juara di tingkat Provinsi NTB. Setidaknya mereka mendapat pembinaan dari pemerintah Provinsi NTB,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut dia juga mengapresiasi bahwa Desa Mpuri merupakan wilayah Kabupaten Bima teraman. Keamanan ini merupakan faktor penentu kemajuan sebuah desa.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Semoga suasana seperti ini mampu dipertahankan. Demi tercapainya pembangunan kedepannya,” terang Umi Dinda.

Kepala Desa Mpuri, M Nor, BA, menyampaikan sejarah singkat berdirinya desa setempat. Selain itu, menggambarkan potensi dan capainya desa. Terutama dukungan Dana desa yang setiap tahun terus meningkat. Sehingga pembangunan itu berjalan sesuai rencana dengan dukungan dan partisipasi penuh warga setempat.

“Dengan melihat potensi dan kemajuan tersebut kita dipilih. Dan mengikuti lomba desa tingkat Provinsi NTB. Dan hari ini kita siap dinilai,” katanya.

Sementara itu, Kepala DPMD Dukcapil Provinsi NTB, Dr Ashari SH MH menyampaikan, lombaan desa/ kelurahan ini untuk mengetahui tingkat kemajuan atau keberhasilan masyarakat, pemerintah desa serta pemerintah daerah. Sebab sebagaiman diketahui bersama bahwa desa merupakan ujung tombak pembangunan di daerah.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Lomba desa ini untuk mengevaluasi sekaligus mendorong Pemerintah daerah, desa bersama masyarakat. Dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintah, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan pada masyarakat,” terangnya.

Dijelaskannya, dalam lomba desa ini ada tiga bidang penting yang akan dinilai. Diantaranya bidang pemerintahan, bidang kewilayahan dan bidang kemasyarakatan.

“Tiga bidang yang nilai tersebut sesuai instrumen dalam Permendagri No 81 tahun 2015,” ungkapnya.

Lanjutnya, untuk jumlah desa dan kelurahan di NTB sebanyak 1.137. Dengan jumlah sebanyak 995 desa dan 142 kelurahan. Dan berdasarkan rekapitulasi perkembangan status desa atau Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2018. Desa-desa ini terbagi menjadi beberapa kategori. Yakni Desa Mandiri 11 Desa, Maju 118 desa, berkembang 654 desa, tertinggal 204 desa dan sangat tertinggal 8 desa.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Khusus di Kabupaten Bima ini ada 13 desa Maju, 90 desa berkembang, 81 desa tertinggal dan sangat tertinggal ada 7 desa. Sedangkan untuk desa Mandiri belum ada,” tuturnya.

Dia berharap dengan adanya lomba desa ini pihaknya mengajak untuk selalu bekerja sama. Dalam rangka membangun dan menyukseskan bersama perlombaan desa/ kelurahan tingkat Provinsi NTB tahun 2018.

“Semoga kegiatan ini dapat memberikan konstribusi positif bagi kemajuan daerah kita khususnya. Dan pembangunan Provinsi NTB yang sama-sama kita banggakan,” pintanya. (YAN)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Pemerintah Desa (Pemdes) Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima menolak Mahasiswa STISIP Bima yang hendak melakukan KKN di desa setempat. Alasannya, karena tidak ada...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Bantuan terhadap warga miskin di Desa Mpuri, Kecamatan Madapangga, yang tinggal di gubuk reot terus mengalir. Adi Rahmadin (30) dan Dewi Angriani...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Dua penghuni gubuk reyot anak di Desa Mpuri, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima, Adi Rahmadin (30) dan Dewi Angriani (16) mendapat bantuan. Bantuan...

Ekonomi

Bima, Bimakini.-  Sekdes Mpuri, Ihwansyah, SPd membenarkan dua anak yatim piatu, Adi Rahmadin (30) dan Dewi Angriani (16) warga RT 02 RW 01 yang...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Dua anak yatim piatu, warga RT 02 RW 01 Desa Mpuri, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima, hidup digubuk reot. Mereka adalah Adi Rahmadin...