Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Percepat Pemulihan Pasca Gempa, Gubernur NTB Kembali Berikan Arahan

Gubernur NTB, H Zainul Majdi.

Mataram, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi, menggelar rapat terbatas dengan sejumlah kepala OPD Lingkup Pemprov NTB, di Musholla Pendopo Gubernur NTB, Rabu (15/8/2018). Rapat membahas sejumlah langkah penanganan pasca gempa, termasuk upaya mempercepat pemulihan para korban terdampak.

Pada rapat tersebut, Gubernur menyampaikan sejumlah arahan. Pertama, meminta seluruh pihak untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat. Khususnya, terkait dengan munculnya sejumlah statement yang tidak berdasarkan sumber-sumber yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Misalnya, isu terkait gempa susulan dengan skala lebih besar. Gubernur meminta masyarakat untuk mengikuti informasi yang dikeluarkan oleh BMKG.

“Berikan informasi-informasi yang menenangkan dan tentu kita harus membangun bagaimana mental mereka supaya tidak terus ada pada kondisi kondisi yang labil secara mental,” jelas Gubernur.

Kedua, terkait rehabilitasi dan rekonstruksi rumah-rumah masyarakat. Meskipun masa tanggap darurat sampai dengan 25 Agustus 2018 mendatang, namun rehabilitasi dan rekonstruksi jauh lebih penting dan membutuhkan sumber daya yang menunjang proses tersebut.

Keakuratan data para korban, terutama menyangkut jumlah rumah yang mengalami kerusakan menjadi arahan ketiga Gubernur. Gubernur meminta jajaran BPBD dan Dinas Sosial Provinsi NTB untuk mendata rumah masyarakat terdampak sesuai dengan kondisi ril di lapangan.

Data tersebut lanjut Gubernur, kemudian dikoordinasi dengan BPBD dan Dinas Sosial Kota/Kabupaten terdampak. Sehingga, data yang masuk betul-betul ril dan bisa dipertanggungjawabkan.

Gubernur memberikan petunjuk bahwa dalam waktu satu sampai dua minggu ke depan, minimal 10.000 KK, yang rumahnya mengalami kerusakan berat, harus sudah mendapatkan bantuan. “Sesuai arahan Presiden, setiap rumah yang rusak berat akan mendapatkan dana 50 juta dan rusak sedang 25 juta rupiah,” jelas Gubernur.

Selain itu, sarana-sarana umum, seperti sarana kesehatan dan pendidikan akan segera dilakukan perbaikan. Termasuk pembersihan-pembersihan pusat-pusat kota. “Pasar-pasar dan pertokoan dijadikan prioritas untuk dibersihkan, agar aktivitas ekonomi itu kembali normal,” jelasnya.

Gubernur juga meminta BPBD, Dinas Sosial, PU dan stakeholders terkait lainnya untuk melakukan penggalangan kepada kelompok masyarakat dan pemuda, sebagai upaya partisipasi mereka membantu pemulihan. Langkah tersebut menurut Gubernur, menunjukkan kepedulian kepada para korban. Sehingga para relawan yang datang dari luar daerah tidak merasa sendiri. Namun juga dibantu oleh masyarakat dan pemuda setempat. “Kemandirian itulah yang diingin dilihat oleh publik, termasuk juga untuk pembersihan tiga Gili dan pantai sepanjang wilayah Senggigi. Sehingga para wisatawan yang datang juga akan lebih merasa nyaman,” jelas TGB.

Untuk bantuan, Gubernur meminta dilakukan manajemen yang baik dan cepat. Bantuan berupa logistik kata Gubernur, harus didorong lebih cepat itu ke lokasi supaya tidak menumpuk di posko-posko atau di kantor.

Terakhir, Gubernur menginstruksikan jajaran terkait, seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan untuk selalu mengecek harga-harga barang di pasaran. “Intinya tidak boleh ada kenaikan harga bahan pokok dan bangunan,” tegas TGB. PUR

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Kapolres Bima Kabupaten, AKBP Bagus S. Wibowo, SH, SIK, menyerahkan santunam kepada lima anggota Polri menjadi korban gempa bumi di pulau Lombok....

NTB

Mataram, Bimakini.- AICE, sebuah produk es krim berbagi kebahagiaan dengan anak-anak korban gempa di Desa Jeruk Manis, Pemenang, Lombok Utara, Kamis (27/6/2019). Sebelumnya, rombongan...

NTB

Mataram, Bimakini.- Proses rehabilitasi dan rekonstruksi pasca gempa bumi Lombok – Sumbawa terus dipercepat. Dana bantuan dari pemerintah pusat untuk membangun kembali rumah masyarakat...

NTB

Mataram, Bimakini.- Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi seluruh korban bencana tanah longsor di air terjun Tiu Kelep Senaru, Lombok Utara, Senin (18/3/2019). Longsor yang...

NTB

Mataram, Bimakini.- Rangkaian kunjungannya di NTB, Senin (18/3/2019), untuk memberikan bantuan bagi korban gempa, Menteri Sosial Republik Indonesia  Agus Gumiwang Kartasasmita didampingi Gubernur NTB,...