Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Pilkades Serentak, Desa Kalampa Bentuk Panitia

Suasana pembentukan Panitia Pilkades Desa Kalampa.

Bima, Bimakini.- Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bima akan berlangsung 20 Desember 2018 mendatang. Sejumlah desa membentuk panitia pemilihan.

Salah satunya Desa Kalampa Kecamatan Woha, menggelar rapat pembentukan panitia Pilkades di aula Kantor setempat, Selasa (31/7).

Rapat pembentukan panitia Pilkades dipimpin langsung Ketua BPD Muhidin. Dalam rapat tersebut dipilih Ramli, MPd sebagai Ketua Panitia, Wakil Ketua  Junaid dan Sekertaris Abdul Muis, sementara Bendahara dipercayakan kepada Adnan dan Hasannudin, Muhidin dan Arifuddin sebagai anggota.

Kapolsek Woha, AKP Fandi AR dalam sambutannya menjelaskan, berdasarkan informasi, Plkades ini akan diikuti 8 orang calon. Namun berdasarkan aturan, hanya lima orang  menjadi peserta.

“Panitia dipilih harus mengadakan ujian bila ada calon lebih dari lima orang, mari kita patuhi aturan di antaranya UU maupun Perbub yang telah diatur,” terangnya.

Lanjut dia, apabila nantinya sebagian tidak masuk dalam kategori calon kades, maka yang gagal jangan sampai merusak kamtibmas di Desa Kalampa.

“Pemilihan Bupati dan kades lebih hangat di banding pemilihan Gubernur sehingga masyarkat mudah terjadi gesekan,” katanya.

Sementara Camat Woha, Irfan Dj, SH, mengatakan, pembentukan panitia sesuai dengan peraturan dan perintah Perbub.

“Pembentukan panitia hari ini adalah awal kita melakukan pesta demokrasi, mari kita sukseskan Pilkades yang aman dan tertib,” jelasnya.

Kata dia, sesuai UU Nomor 6 tahun 2014, calon tidak harus warga Desa Kalampa. Pilkades tahun 2018, di Kecamatn Woha hanya Desa Kalampa.

“Panitia yang dibentuk nanti tinggal melihat Perbub,  karena semuanya telah di atur oleh aturan secara serentak melalui regulasi daerah,” terangnya. (MAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, SE, Rabu (3/8/2022) melantik 57 kepala desa hasil pemilihan kepala desa bergelombang, Juli lalu. Pelantikan berlangsung...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Pasca-penyelenggaraan pemungutan Suara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak  6 Juli 2022 lalu, Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri SE menggelar Silaturahmi  dengan...

Politik

Bima, Bimakini.- Pemilihan Kepala Desa Karumbu Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima, berlangsung aman dan damai. Yang ikuti kontestasi sebanyak lima calon yaitu Drs Arsyid, kedua...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Situasi Kamtibmas selama pencoblosan dan penghitungan suara pemilihan kepala desa di 57 desa di Kabupaten Bima berlangsung aman. Pencoblosan berlangsung Rabu 6...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bima yang tinggal beberapa, Polres Bima kini terus mengencangkan Patroli Rutin mereka di wilayah...