Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

2014, Dishubkominfo Bangun Menara Internet di Doro Nae

Bima, Bimakini.com.-  Pemerintah Kabupaten Bima terus berupaya meningkatkan pelayanan publik dan kapasitas masyarakat. Untuk mewujudkan itu, tahun 2014 mendatang pemerintah melalui Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) akan membangun menara pemancar internet di Doro Nae Kecamatan Lambitu.

Kepala Seksi (Kasi) Desiminasi dan Informatika Dishubkominfo Kabupaten Bima, Muhammad Irfan, ST, M.Eng, mengatakan sebagai tahap awal mewujudkan rencana tersebut, SKPD setempat sudah menghitung dan mengajukan rencana anggaran biaya (RAB) pembelian alat penerima sinyal internet tanpa kabel (wireless) kepada seluruh Pemerintah Kecamatan dan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dikpora).
“Sebelumnya sudah kita sebarkan RAB untuk pengadaan alat penerima internet ke setiap kecamatan, kita telah hitung dan kita bagi seluruhnya dan mereka akan mengalokasikan tahun 2014, sehingga tahun depan seluruh kecamatan sudah punya alat penerima,” katanya di Dishubkominfo, Rabu.
         Selain membangun jaringan internet interkoneksi seluruh Kecamatan, Dishubkominfo juga menargetkan membangun layanan internet setiap desa di Kabupaten Bima. Upaya tersebut untuk mengembangkan kapasitas masyarakat, terutama petani dan nelayan. Tersedianya fasilitas internet, masyarakat bisa mengakses informasi yang butuhkan misalnya teknik bertani, budidaya, dan cara pemasaran. “Target kita 2014 rampung untuk kecamatan, kita hutung jarak Disubkominfo dengan Doro Nae dengan google eart sekitar 11 kilometer. InsyaAllah rencana tersebut akan terwujud dan kita harapkan dukungan semua pihak,” ujarnya.
     Menurut Irfan, pembangunan jaringan internet di seluruh Kecamatan dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sangat efektif dan efisien. Sebab komunikasi data bisa lebih cepat. Selain melayani kebutuhan masyarakat, sistem informasi pegawai (Simpek) dan sistem informasi kependudukan tersedia dalam server. Demikian juga dengan dokumen publik seperti kartu ternak, kartu keluarga serta pengumuman penting bisa diunduh melalui server atau situs resmi Pemerintah Daerah. “Poin kedua yang kita kelola dokumen publik akan dimasukan (upload) dalam website server, sehngga masyarakat nggak numpuk di satu Satker kalau urus sesuatu. Ini lebih efektif dan efisien,” katanya.
Diakuinya, upaya pemerintah membangun jaringan internet secara interkoneksi setiap kecamatan menyusul semakin murahnya harga peralatan. Setelah jaringan terwujud, masyarakat juga bisa memanfaatkan teknologi tepat guna misalnya membuat antena penerima sederhana, wajan bolic. Setelah jaringan tersedia, seluruh pusat layanan internet kecamatan (PLIK) tidak perlu menggunakan sistem satelit tetapi cukup mengarahkan antena penerima ke pusat penerima di kecamatan.
“Selain membangun jaringan tersebut, program kami beberapa minggu ke depan ini membenahi jaringan internet dari beberapa SKPD yang sudah memiliki alat, tapi tidak berfungsi setelah kantor Pemkab terbakar tahun lalu,” katanya.
      Kepala Seksi Hubungan Kemitraan dan Media, Muhaimin, SH, mengatakan, tahun 2013 ini pemerintah akan mengalokasi anggaran Rp500 juta untuk membangun warung internet kecamatan (WIM). Program tersebut untuk mendukung agenda dua abad peringantan meletusnya gunung Tambora. “Untuk tahap awal, insyaAllah tahun ini akan dibangun di Woha,” ujar pria asal Kecamatan Sape ini. (BE.17)
 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Peristiwa

Jakarta, Bimakini.-  Sejak 2018, Southeast Asia Freedom of Expression Network (SAFEnet) memberikan perhatian lebih pada isu hak-hak digital. Seiring dengan kian tergantungnya kehidupan sehari-hari...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Ketua RT 06 Kelurahan Panggi, Kecamatan Mpunda, Kota Bima, Abdul Sahir,  menyumbangkan gajinya untuk pemasangan wifi gratis dan penataan lingkungan. Pemasangan...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Angin kencang yang melanda Kecamatan Donggo beberapa waktu lalu, disamping merusak rumah warga dan fasilitas umum lainnya. Juga menyebabkan koneksitas internet Jaringan ...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Wakil Bupati (Wabup) Bima, Drs. H. Dahlan M. Nur melakukan inspaksi mendadak (sidak) ke Kantor Dinas Perhubungan (Dishbu) yang baru ditempati di...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Sesuai Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor: KP 588 Tahun 2016, Kabupaten Bima, Kota Bima, dan Kabupaten Dompu meraih anugerah plakat...