You are here: Home Politik Ini Persyaratan DOB PPS yang Dipenuhi
Friday, 05 July 2013 08:08

Ini Persyaratan DOB PPS yang Dipenuhi

Written by 

Kota Bima, Bimakini.com.- Syarat administrasi pembentukan Provinsi Pulau Sumbawa (PPS) menjadi pintu utama bagi terwujudnya Daerah Otonomi Baru (DOB). Semua telah terpenuhi, sehingga dorongan kuat masyarakat akan memercepat pembentukannya.

Apa saja persyaratan yang telah dipenuhi untuk pembentukan Provinsi Pulau Sumbawa (PPS)? Ketua KP3S Perwakilan Jakarta, Dr. Sanusi, SpOG, mengatakan berdasarkan lampiran surat DPR RI Nomor surat LG/07311/DPR RI/VI/2013 tanggal 27 Juni 2013. Perihal dalam surat itu, pemberitahuan hasil verifikasi persyaratan administrasi usul pembentukan DOB.

Pada lampiran chack list persyaratan administratif, salah satunya surat aspirasi masyarakat yang menyatakan setuju akan PPS dengan melampirkan Keputusan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Forum Komunikasi Kelurahan (FKK) dan Badan Permusyawaratan Kampung (Baperkam) terlah terpenuhi. Sebanyak 430 Keputusan BPD dilampirkan dari 521 desa atau 83 persen pada 64 kecamatan dan lima kabupaten/kota.

Lampiran lain yang terpenuhi, keputusan DPRD Kabupaten Induk, bupati dan walikota tentang persetujuan pembentukan calon Daerah Otonomi Baru (DOB). Semua DPRD Kabupaten/Kota menyetujui dengan melampirkan risalah sidang paripurna. Persetujuan dewan ini, disertai dengan kesediaan cakupan kabupaten/kota untuk menjadi bagian dari DOB PPS. Persetujuan nama calon DOB dan lokasi ibukota DOB juga terpenuhi, berdasarkan persetujuan semua DPRD, Bupati, dan Wali Kota.

       Selain itu, katanya, lampiran yang terpenuhi, yakni dukungan dana untuk penyelenggaraan pemerintahan DOB minimal selama dua tahun. Pendanaan ini disetujui oleh semua DPRD, Bupati, dan Wali Kota  se-Pulau Sumbawa. Termasuk dukungan dana untuk penyelenggaraan Pemilukada pertamaali.

Ada juga persetujuan penyerahan kekayaan daerah yang dimiliki berupa barang bergerak/tidak bergerak, dokumen, dan hutang piutang kepada DOB Provinsi. Termasuk kesediaan memindahkan sebagian personil yang dibutuhkan oleh calon DOB Provinsi juga disetujui oleh semua Bupati/Wali Kota. Serta persyaratan lainnya sudah terpenuhi semuanya.

“Bagaimana pun PPS ini harus terbentuk tahun 2013 ini, jika tidak kita serahkan semuanya ke rakyat,” tegas Sanusi. (BE.16)

Read 608 times

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Now mobiled:
Bagi pengguna mobile (HP, Blackberry, Android, Iphone, Ipad, dsb) bimakini.com sudah support mobile version.

Connect

Kontak Kami

Jl. Gajah Mada No. 66 Kota Bima, Tlp (0374) 42906. Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.