Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

120 Siswa MAN 2 Ikut Seminar Karya Ilmiah

Sebanyak 120 siswa kelas satu dan dua Madrasyah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Bima, Rabu (28/3) mengikuti seminar tentang penulisan karya ilmiah. Kegiatan itu sebagian besar diikuti siswa yang tergabung dalam organisasi Karya Ilmiah Remaja (KIR).

Sebelum kegiatan itu dilakukan, narasumber Taman Firdaus, M.Pd, membagikan buku hasil karyanya kepada seluruh siswa dan guru MAN 2.

Kepala MAN 2, Drs H Syahruddin mengatakan kegiatan itu dalam rangka membangun sumberdaya manusia (SDM) andal, karena siswa tidak hanya pandai membaca namun juga pandai menulis secara sistematis dan ilmiah. Setiap tahun, MAN 2 tetap menyelenggarakan kegiatan itu sebagai bentuk perhatian lembaga terhadap siswa untuk mengembangkan dirinya dalam menulias karya ilmiah, terutama pada siswa KIR. Tujuannya agar saat menghadapi lomba bisa memberikan yang terbaik bagi madrasyah dan Kota Bima.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Seminar semacam itu, dinilainya sangat penting. Untuk mendapatkan hasil karya terbaik dan sesuai kaidah penyusunan penulisan, siswa perlu diberikan teknik pembelajaran yang tepat.

Kepada peserta, Syahruddin meminta agar mengikuti secara seksama sehingga bisa membuat karya ilmiah yang baik pula. Dia berharap agar seluruh siswa yang mengikuti kegiatan itu ke depan bisa menjadi yang terbaik.

Kepala Kantor Kemnetrian Agama (Kemnag) Kota Bima, diwakili Kasubag TU, Muhammad Safi’i, S.Pd. mengapresiasi seminar itu. Menurutnya, apa yang dilakukan oleh MAN 2 perlu dicontoh oleh madrasyah lainnya dalam rangka menciptakan SDM andal bidang penulisan.

Dijelaskannya semua manusia yang mengikuti jenjang pendidikan pasti bisa menulis, namun untuk menulis secara ilmiah dan bermanfaat bagi orang lain, terutama masyarakat pada umumnya sangatlah sulit. Berkaitan dengan itu, dia meminta seluruh Madrasyah bisa menyelenggarakan seminar, sehingga ke depan lembaga pendidikan Kemnag bisa menjadi yang terbaik sesuai dengan moto era kebangkitan madrasyah.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Kepada siswa, dia meminta agar mengikuti secara cermat  dan fokus sehingga penyampaian narasumber semuanya bisa diserap. Dia berharap agar seluruh madrasyah bisa menciptakan siswanya ahli dalam karya ilmiah.(BE.18)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 6 Bima kembali mengukir prestasi pada berbagai  lomba yang diadakan Badan Koordinasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI)...

Pendidikan

Bima, Bimakini.-  Serikat Guru Indonesia (SGI) Kabupaten Bima, selain mengutus empat pegurusnya yang akan mengikuti semiloka nasional di Wisma PKBI Wisma PKBI Jakarta, juga...

Berita

Kota Bima, Bimakini.-  Video viral anak SMA yang protes Polantas dengan bahasa Bima, kini makin populer saja. Di fanpage Otosia.com, hingga Kamis pagi, 3...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Kecamatan Woha menggelar debat calon Ketua Organisasi Siswa Intra-Sekolah (OSIS) tahun 2016-2017 di aula sekolah setempat,...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Pelajar kelas II SMPN 1 Belo Kabupaten Bima, Elfi Sukaesi, mendapatkan beasiswa prestasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  RI, Selasa (20/09).  Remaja ...