Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Dam Rabasalo Dibersihkan

Belum sampai seminggu, sampah di Dam Rabasalo yang dibersihkan oleh Satuan Linmas Kota Bima, sampah kembali menumpuk.  Sabtu (10/3) sejumlah anggota Linmas kembali “terjun” membersihkan sampah di lokasi itu.

     

Membersihkan sampah di Dam Rabasalo tidaklah mudah, karena sampah yang saling mengait, sehingga membutuhkan tenaga ekstra. Selain mengandalkan cara manual dengan tangan, juga mencangkul. Bahkan, sampah yang umumnya terdiri dari batang bambu, diikat tali tambang dan ditarik beramai-ramai.

      Tidak itu saja, bahkan anggota Linmas harus berhati-hati dengan arus air. Dilihat sepintas, permukaan air tidak terlalu deras, namun arus bawahnya bias saja menyeret, jika tidak hati-hati.

       Kasubid Pengembangan SDM dan Satuan Linmas, Sugiarto, S.Sos, mengaku heran mengapa sampah di Dam Rabasalo tidak pernah habis-habisnya. Bahkan, untuk ketiga kalinya, anggota Linmas membersihkan sampah di lokasi itu.     

      Bukankah masalah sampah seperti itu  Tupoksi dari instansi lain? Sugiarto mengatakan hanya ingin menunjukkan kepedulian agar masalah sampah dapat diatasi. “Jika sampah dibiarkan, ini dapat mengancam, terutama masalah banjir. Ini juga bagian dari tugas Linmas melindungi masyarakat dari ancaman banjir itu. Tidak hanya melindungi masyarakat secara fisik,’ ujarnya.

     Minggu (11/3) anggota Linmas kembali kerja bakti membersihkan drainase di jalan Gatot Soebroto atau Kelurahan Sadia yang tersumbat. Akibatnya hampir sepekan jalan di Sadia tergenang.

      Kepala Bakesbanglinmaspol Kota Bima, Drs. M. Nur A. Madjid, MH, mengatakan apa yang dilakukannya hanya ingin ambil bagian dari tugas yang besar menata Kota Bima. Bahkan, dengan memanfaatkan waktu libur  untuk mengatasi sejumlah persoalan masyarakat.

     “Kami pun mencoba memanfaatkan waktu libur kerja jam dinas, pada Sabtu dan Minggu tetap bekerja dan berkarya. Kami ingin tiada hari tanpa berkarya untuk daerah ini,” ujarnya. (BE.16)

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Komisi III DPRD Kabupaten Bima merencanakan memanggil pelaksana proyek Dam Dorohuni di Desa Laju Kecamatan Langgudu. Dam  yang dikerjakan dengan  alokasi anggaran...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Dam Dorohuni Desa Laju Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima saat ini sudah ambruk. Kondisi fisik Dam yang berantakan itu direaksi oleh anggota Dewan...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Pembangunan saluran irigasi di So Mboda Desa Ncandi Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima kini telah rampung. Manfaatnya langsung dirasakan oleh para petani setempat....

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Sejumlah petani yang memiliki lahan pertanian di So Rada Desa Campa Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima mengeluhkan kondisi Dam yang mengairi lahan pertanian...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.-    Kepala Desa (Kades) Nggembe Kecamatan Bolo Kabupaten Bima, Ishaka Ta’amin, AmaPd, menilai pernyataan Ketua Kelompok Tani (Poktan) Telaga Dewa, Drs Sudirman,...