Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Rudal Bima Rencanakan Khataman Masal dan Lomba Dai Cilik


Barisan 
untuk Mahasiswa dan Pemuda Pelopor (Rudal) Bimamerencanakan khataman masal dan lomba dai cilik menyambut Hari Jadi ke-10n Kota Bima pada 10 April mendatang. Rapat persiapan  dilakukan di aula kantor Camat Mpunda, Kamis (22/3) lalu, dan dihadiri Ketua KNPI Kota Bima dan Lurah.

 

Menurut Ketua Rudal Bima, Ikhwanudin, acara khataman masal akan diikuti perwakilan santri Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) seluruh kelurahan, sedangkan Lomba Dai Cilik akan diikuti oleh siswa SD. “Acara tersebut kami gelar sebagai bentuk dukungan terhadap program Pemerintah Kota Bima yang mencanangkan Magrib Mengaji dan Bima Berzakat,” jelasnya diaula kantor Camat Mpunda.

Tujuan kegiatan itu, jelasnya, untuk membumikan nilai-nilai Al-Quran sebagai cara untuk membentengi akidah generasi muda dari pengaruh derasnya arus globalisasi dan teknologi, menanamkan kecintaan generasi muda terhadap Al-Quran dan meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Dasar pelaksanaannya  karenakeprihatinan melihat fenomema kemerosotan akhlak generasi muda saat ini, terutama di Kota Bima. Perkembangan zaman dan arus globalisasi telah melunturkan nilai-nilai moral dan ajaran agama.

Selain itu, katanya, pesatnya informasi telah mencerdaskan generasi muda, tetapi sesungguhnya kosong dengan nilai akhlak  dan keteladanan seperti yang diajarkan Islam. Berapa banyak kasus saat ini jelasnya, menjadi fakta yang tidak terelakkan bahwa sebagian besar generasi muda menjadi korban. Dicontohkannya,seperti kasus Narkoba yang terungkap beberapa waktu lalu,pemuda menjadi korban utama. Belum lagi kasus asusila dan aborsi yang menjadi korban juga pemuda. Hal itu menjadi fakta bahwa akhlak dan moral sudah menjadi mahal saat ini.

“Atas kepedulian sebagai bagian dari pemuda itulah mudah-mudahan kegiatan kecil kami nanti bisa memberikan arti bagi masyarakat khususnya generasi muda bangsa kita,” harapnya.

Diharapkannya pemerintah dan semua elemen bisa ikut berperan dan memiliki tanggungjawab yang sama melindungi generasi muda. Untuk itulah, kegiatan ini menggandeng KNPI Kota Bima sebagai respresentasi para pemuda,” ujarnya. (BE.20)

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

CATATAN KHAS KMA

SAYA belum pernah alami ini: handphone tidak bisa dipakai karena panas. Bukan hanya sekali, Tetapi berkali-kali. Juga, bukan hanya saya, tetapi juga dua kawan...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.-  Mewujudkan pembangunan Kabupaten Bima yang RAMAH dan membumikan Al Quran, Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, SE, membuka khataman massal tingkat Kabupaten...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Puluhan Da’i dan Aktivis Islam mengikuti dialog keagamaan yang diselenggarakan oleh Dewan Dakwah Islam Indonesia Kabupaten Bima, Ahad (26/7). Kegiatan yang mengangkat...

CATATAN KHAS KMA

CATATAN Khas saya, Khairudin M. Ali ingin menyoroti beberapa video viral yang beredar di media sosial, terkait dengan protokol penanganan Covid-19. Saya agak terusik...