Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Dinas Dikpora Pastikan Pelaksanaan PKBM Normatif

Kota Bima, Bimakini.com.- Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Bima memastikan tidak ada pemotongan dana program untuk pelaksanaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) seperti yang dikeluhkan dan terjadi di Kota Bima. Seluruh program selama ini dilaksanakan sesuai ketentuan. Demikian klaim Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Dinas Dikpora Kabupaten Bima, H. Jaharuddin, S.Sos, kemarin.

Dia mengatakan, selama ini pelaksanaan program PKBM selalu dipantau sejumlah pihak, termasuk Dinas Dikpora Provinsi NTB, sejumlah lembaga independen seperti LSM dan wartawan, sehingga tidak ada celah bagi penyimpangan. “Kalau khusus Dinas kita tidak ada penyimpangan, sebab kami tekankan kepada PKBM agar mengikuti petunjuk pelaksanaan. Mmungkin di daerah lain terjadi seperti itu, tapi di Kabupaten Bima pelaksanaannya normatif saja,” katanya di Dinas Dikpora Kabupaten Bima.

Semua pihak berkompeten, ujarnya, bisa saja ikut memantau pelaksanaan program yang dilaksanakan PKBM, karena secara umum sasarannya meningkatkan pendidikan dan bertujuan memerdayakan masyarakat. “Kami selalu rutin memantau, banyak pihak yang kami libatkan sehingga celah penyimpangan tidak ada, termasuk yang kami libatkan tahun lalu LSM ITK. Jadi tidak pernah terjadi kalau pejabat minta jatah,” katanya.

Jaharuddin mengisyaratkan, jika ada oknum Dinas Dikpora atau PKBM nakal akan menindak tegas sesuai ketentuan yang berlaku. Secara umum, hingga menjelang pencairan dana program tahun 2012, seluruh lembaga yang melaksanakan program pada tahun 2011 sudah menyampaikan SPJ.

“Memang awalnya ada beberapa yang belum menyampaikan SPJ, tapi hingga akhir Maret sudah menyampaikan laporan penggunaan uang,” katanya. (BE.17)

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait