Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Duta-Cerdas-Cermat-Wawo-terus-Digembleng

Bima, Bimakini.com.- Lima siswa Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) hasil penjaringan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Dikpora Kecamatan Wawo, terus dibina. Meraka disiapkan untuk menghadapi lomba cerdas- cermat menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei tingkat Kabupaten Bima. Lima siswa tersebut adalah duta siswa SDN Inpres 1 Maria, SDN 2 Kambilo, SDN Inpres Kombo, SDN Kombo, dan MIN Raba.

Kepala UPT Dinas Dikpora Wawo, Rusdin Hima, S.Pd. SD, mengatakan, penjaringan itu telah dilakukan sejak awal April lalu dan terjaring enam siswa terbaik. Mereka disiapkan untuk menghadapi berbagai lomba cerdas-cermat tingkat Kabupaten Bima. Namun, untuk menentukan tiga siswa terbaik, perkembangannya dipantau melalui latihan kecepatan dan ketepatan menjawab berbagai soal yang diajukan pembina.

“Kita pusatkan latihan di SDN 2 Kambilo karena di sana tersedia sarana penunjang untuk persiapan lomba cerdas-cermat itu. Apalagi, beberapa siswa ada di sana,” ujarnya saat memantau sesi latihan di SDN 2 Kambilo, Kamis (12/4).

Dia menjelaskan, dua regu yang disiapkan itu akan mengikuti serangkaian latihan dengan melihat kemajuan masing-masing regu dan kemampuan memenangkan lomba internal. Tidak ada yang diistimewakan, karena mereka harus mampu berkompetisi secara sportif. “Siswa yang memiliki kemampuan lebih dari hasil latihan itu akan menentukan kelolosan mereka sebagai duta Kecamatan Wawo di Kabupaten Bima. Karena target kita bagaimana meraih juara di Kabupaten Bima,” katanya.

Hal senada dikemukakan Kepala SDN 2 Kambilo, Syarifuddin, S.Pd, M.Si. Dari beberapa kali mengikuti sesi latihan perkembangan kemampuan anak-anak untuk menguasai paket soal yang diajukan, diakuinya, terus meningkat. Namun, kendala kecepatan dalam menekan tombol masih perlu diasah. Karena kecepatan menekan tombol berbanding terbalik dengan kemampuan siswa menguasai soal. “Kalau tanggap dalam menjawab soal maka tombol juga harus cepat ditekan agar tidak direbut regu lain. Karena itu kita harus mematangkan persiapan sebelum turun gelanggang,” katanya di sekolah setempat, Kamis.

Dia berharap tahun ini duta Kecamatan Wawo harus lebih baik dari tahun sebelumnya. Oleh karena itu, lebih awal menyiapkan regu yang akan menghadapi lomba cerdas-cermat Kabupaten Bima. (BE.13)

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait