Hukum & Kriminal

HMI Bima tidak Punya Masalah dengan Warga Mande

Kota Bima, Bimakini.com.- Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bima menyatakan tidak memiliki masalah dengan warga Kelurahan Mande terhadap munculnya reaksi mereka berkaitan dengan kasus pembakaran dan perusakan aset sekretariat yang disuarakan. Hal itu disampaikan Ketua HMI Cabang Bima, Mansyur, kepada wartawan, Minggu (15/4).

Dikatakannya, ketika menyuarakan aspirasi, sejak awal HMI tidak pernah menyebut pelaku itu masyarakat Mande, melainkan sekelompok oknum preman. Mereka itulah yang didesak diseret untuk memertanggungjawabkan perbuatannya.  “Oleh sebab itu kami tidak ingin para oknum pelaku tersebut bersembunyi dibalik warga Mande dan mengadu domba HMI dengan warga,” jelasnya.

Hingga saat ini, ujar Mansyur, para pelaku masih bebas berkeliaran dan tidak ditahan oleh Polres Bima Kota, meskipun telah ditetapkan sebagai tersangka. Padahal, semua keterangan dan kelengkapan bukti sudah ada pada Kepolisian, termasuk rekaman video perusakan yang diserahkan HMI.
Selain itu, dia membantah munculnya anggapan bahwa gerakan HMI mengandung tendensi politik dan kepentingan tertentu.

Dipastikannya, gerakan itu murni sebagai reaksi atas pelecehan terhadap institusi organisasi. Untuk itu, hanya mendesak agar para pelaku anarkisme bisa ditangkap.

Sekretaris Umum HMI Cabang Bima, Amiruddin, menilai munculnya reaksi warga Mande merupakan skenario yang dimainkan oknum tertentu yang sengaja ingin membenturkan HMI dengan warga. Padahal, mereka tidak pernah bermasalah dengan warga Mande, tetapi hanya dengan oknum yang bertindak anarkis dan mendesak segera diproses hukum.

“Kami berharap masyarakat tidak terprovokasi dan terpancing dengan hasutan oknum yang ingin membenturkan warga dengan HMI,” harapnya.

Dia mengutip pernyataan Jenderal Soedirman kala HMI ingin dibubarkan oleh PKI dulu. HMI bukan saja Himpunan Mahasiswa Islam, melainkan Harapan Masyarakat Indonesia. Begitulah gambaran hubungan kemitraan masyarakat dengan laskar Hijau-Hitam yang selalu terbangun sejak dulu.

“HMI selalu bersama masyarakat Kota Bima dalam menegakkan supremasi hukum, menegakkan kebenaran dan keadilan dan tidak pernah bermusuhan,” ujarnya. (BE.20)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top