Pemerintahan

Kopian Data Base Tersebar, Pegawai Honor Bereaksi

 

Hingga Senin (2/4), Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Dompu belum mengumumkan nama-nama pegawai Honor Daerah yang lulus. Namun, fotokopi nama mereka telah tersebar luas,  bahkan sudah diketahui oleh masing-masing pemilik nama. Seperti reaksi yang ditunjukkan oleh M. Sidik, pegawai honor di Bagian Humas dan Protokol Setda Dompu. “Syukurlah nama saya ada di deretan nama-nama tenaga Honor Daerah yang lulus,” ujar Sidik.

 

Kendati secara resmi  BKD Dompu belum mengumumkan data itu, tetapi minimal fotokopi yang diambil dari internet itu dapat dijadikan pegangan. Selain dirinya, juga ada 173 pegawai honor lainnya. “Tapi untuk di Humas (dan Protokol Setda) hanya saya dan Fudin,” ujarnya.

 

Lain Sidik, lain juga nasib Anwar. Dia mengaku namanya tidak tercantum dalam daftar meski masa kerja yang sama dan memiliki SK yang diterbitkan oleh Bupati Dompu sebelum 11 Desember 2005 lalu.

 

Demikian juga diakui Ujang, anggota Sat Pol PP yang telah lama bertugas di Setda Dompu. Dia mengakui juga bernasib sama dengan Anwar, karena  dalam data base yang diduga diterbitkan  oleh BKN Pusat namanya tidak tercantum. Bahkan, justru yang ada kebanyakan pegawai honor yang masa mengabdinya lebih lama darinya. “Saya akan protes masalah ini ke BKD,” katanya.

 

Jika nama-nama itu benar-benar lulus, dia menuding ada konspirasi dan rekayasa data yang dikirim oleh BKD Dompu ke Pemerintah Pusat, sehingga nama mereka tidak lolos. Bahkan, kebanyakan nama yang lolos adalah mereka yang baru masuk atau mengabdi mulai tahun 2008. Pegawai  yang mengabdi sebelum tahun 2005 dan memiliki SK Bupati “gigit jari”.

 

Pengumuman kelulusan atau kopian yang tersebar itu ditandatangani oleh Wakil Kepala BKN Pusat, Eko Sutrisno tanggal 22 Maret 2012 lalu. Data yang diambil di internet itu kini menjadi bahan perbincangan hangat di kalangan pegawai honor yang masuk data base. Namun, sebagian dari mereka yakin kalau data itu valid, karena diterbitkan oleh lembaga yang berkompeten.               

 

Pejabat BKD Dompu yang dihubungi tidak berada di tempat,  karena ada tugas di luar. Namun, sumber di BKD menyatakan belum secara resmi  mengumumkan itu karena Kepala BKD di undang ke Bali pada 4 April untuk menjemput nama dan data tenaga honor yang lulus itu. “BKD belum resmi keluarkan pengumuman,” ujar sumber. (BE.15)

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top