Ekonomi

Masyarakat Madapangga Impikan Jalan dan Irigasi

Masyarakat yang berkunjung ke kolam renang Madapangga.

Bima, Bimakini.com.- Apa saja kebutuhan paling mendesak bagi warga Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima saat ini? Mereka mengimpikan perbaikan infrastruktur jalan dan saluran irigasi. Semua desa membutuhkan dua program itu, meskipun volumenya berbeda.

Di Desa Dena dan Rade, yang paling urgen adalah irigasi untuk meningkatkan produksi pangan. Pada sisi ekonomi warga juga membutuhkan bantuan bantuan modal dan keterampilan.

Camat Madapangga, Syamsudin, mengatakan, usulan perbaikan infrastuktur jalan dan irigasi diakui semua desa mengharapkan agar diprioritaskan. Apalagi, semangat warga yang sebagian besar petani bisa mendapatkan pasokan air, sehingga lahan bisa maksimal dimanfaatkan. Terutama untuk menanam padi dan palawija, sedangkan infrastruktur jalan penting agar hasil pertanian mudah dan cepat diangkut.

Akses jalan ekonomi, kata dia, diperlukan pada setiap desa, meski harus dipilah yang lebih diprioritaskan. Namun, untuk Dena dan Rade sama pentingnya. “Kita berharap kedua hal itu bisa direalisasikan untuk tahun ini dan paling lambat tahun depan,” ujarnya di Wawo, Rabu (10/4).

Tidak hanya itu. Katanya, warga juga kian kreatif memanfaatkan waktu senggang untuk mengembangkan industri rumah-tangga, seperti membuat berbagai ragam jajan khas Bima dan kelompok bakulan. Namun, kendala utamanya adalah modal dan keterampilan.

Padahal, mereka juga telah membentuk beberapa kelompok usaha kecil dan bakulan. Namun, belum ada perhatian untuk mengembangkan usaha agar lebih maju lagi. “Kita berharap dana zakat bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Namun, memang pengurus zakat harus meneliti secara cermat warga yang memang membutuhkan bantuan modal usaha,” katanya.

Kalau berhubungan dengan uang, jelasnya, setiap orang membutuhkannya. Tetapi, setelah mendapatkan modal ternyata digunakan untuk kebutuhan konsumtif. “Ini yang tidak kita inginkan. Padahal, banyak warga yang benar-benar membutuhkan modal, tetapi tidak tahu harus berbuat apa agar bisa mendapatkan modal usaha itu,” katanya. (BE.13)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top