Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Pelajar SMP/MTs Harapkan Soal UN Mudah

Kota Bima, Bimakini.com.-   Banyak harapan disampaikan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasyah Tsanawiyah (MTs) menghadapi Ujian Nasional (UN) Senin (23/4) ini. Seperti yang dikatakan, Nurwahidah dan mengharapkan agar soal UN tidak terlalu sulit, sehingga mudah dikerjakan.

          Dikatakannya UN merupakan momok yang menakutkan, selain soal yang sulit, mengerjakannya juga sangat menegangkan. Dia mengharapkan UN bisa lulus, sehingga dirinya bisa melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.

          Siswa lainnya, Sri Muliyati, mengharapkan bisa menjawab semua soal ujian. Dia mengaku tegang menghadapi UN, apalagi mengerjakan soal matematika dan Bahasa Inggris. Dua pelajaran itu sangat sulit. “Saya kuatir saya tidak bisa menjawab soal matematika dan bahasa Inggris,” ujarnya Sabtu (21/4) di depan SMPN 1 Kota Bima.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

          Berkaitan standar nilai kelulusan, menurutnya, itu menjadi bahan pemikiran dan mengganggu konsentrasi belajar. Standar kelulusan itu, menyebabkannya harus belajar ekstra. Kalau nilai tidak mencukupi, cita-citanya melanjutkan pendidikan menengah atas harus dipendam dan diulang tahun depan.

          Sri juga mengaku sudah belajar maksimal di sekolah maupun rumah. Namun, yang menentukan  kelulusan adalah nasib dan keberuntungan. “Saya berharap agar bisa lulus UN,” harapnya.

          Di tempat lain, siswa MTs Al-Husainy Kota Bima mengaku deg-degakan menjelang UN. Menurut mereka, kegelisahan tidak lulus selalu menghantui, namun mereka tetap optimis bisa menjawab semua soal UN dan lulus.

         Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Bima, Drs. Abdul Azis, M.Pd, mengimbau seluruh siswa SMP/MTs  agar  tetap fokus pada UN dan tidak terbawa atau terpengaruh kelulusan maupun standar kelulusan. Jika semua siswa memikirkan hal itu, diyakininya banyak siswa yang tidak lulus, karena konsentrasi mengerjakan soal UN akan buyar.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

          Dia mengimbau orangtua, guru, Kepala Sekolah, dan  pengawas UN agar menekankan siswa tetap fokus dan tenang menghadapi UN. (BE.18)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Tiga siswa terlibat aksi tawuran beruntun beberapa hari terakhir  diamankan oleh anggota Tim Patmor  di belakang jalan antara SMAN 2 dan...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini. – Menanggapi video viral pelajar yang berdebat dengan anggota Sat Lantas saat ditilang, Kasat Lantas Polres Bima Kabupaten, IPTU Caka Gde Putu,...

Berita

Kota Bima, Bimakini.-  Video viral anak SMA yang protes Polantas dengan bahasa Bima, kini makin populer saja. Di fanpage Otosia.com, hingga Kamis pagi, 3...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Beberapa siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN)   terlibat tawuran di persimpangan  Tente Kecamatan Woha, Rabu (27/09) siang. Siswa yang  masih memakai  seragam...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.com.- Seorang pelajar di Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima, harus berurusan dengan aparat keamanan. H (15) diduga hendak mencuri di rumah tetangganya, M (45)...