Pendidikan

Pelaksanaan UN SMP/MTs di Dompu, Lancar

Dompu, Bimakini.com.- Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) hari pertama tingkat SMP/MTs di Kabupaten Dompu, Senin (23/4), berlangsung lancer. Bupati Dompu, Drs. H. Bambang dan pejabat lainnya terlihat memantau pelaksanaan UN itu.

Tahun ini, jumlah peserta UN SMP/MTS di Kabupaten Dompu sebanyak 5.167 siswa. “Pelaksanaan UN hari pertama ini berjalan lancar dan aman,” ujar  Kabid Dikmen Dinas Dikpora Dompu, Dra. Hj. Nafisah.

     Dijelaskannya, dari jumlah peserta sebanyak itu  terdiri dari 13 subrayon, n pembagian subrayon 1-8 untuk tingkat SMP dan subrayon 9-13 untuk tingkat MTs. Mengenai pendistribusian soal dak ada kendala dan telah dilakukan sejak Minggu (22/4) pada masing-masing sekolah.

Katanya, sebenarnya langsung dilakukan hari Sabtu lalu, namun karena kunjungan Menteri Pertanian sehingga ditunda. Namun, soal diterima siswa pada pukul 07.30 Wita. “Dalam hal pendistribusian soal pun tidak ada kendala,” katanya.

    Diakui Nafisah, untuk dana UN tidak ada dari dana APBD, semuanya ditanggung APBN melalui dana dekon. Rinciannya satu siswa yang mengikuti ujian anggarannya Rp22.500.

     Target kelulusan tahun ini, katanya, sebanyak 99 persen, lebih tinggi di bandingkan pencapaian angka kelulusan tahun lalu yang hanya 98.86 persen. Penetapan target itu bukan tanpa alas an, namun berdasarkan hasil dan persiapan yang telah dilakukan selama ini, terutama pada hasil ujian  percobaan. “Jumlah pengawas pada UN kali ini sebanyak 490 orang,” ujarnya.

Dia menambahkan standar kelulusan tahun ini  yakni rata-rata 5,5 dan boleh nilai 4. Dia belum bisa memberikan data berapa jumlah siswa SMP yang tidak bisa mengikuti UN, karena belum ada laporan.(BE.15)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
To Top