Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Qurais: Reformasi Birokrasi merupakan Keharusan

Walikota Bima, H Qurais H. Abidin (foto garda asakota)

Kota Bima, Bimakini.com.- Satu di antara unsur yang sangat mendukung kemajuan daerah adalah kemapanan sistem birokrasi pemerintahan dan kesiapan melayani masyarakat. Oleh karena itu, dalam internal Pemerintah Kota Bima, reformasi birokrasi merupakan suatu keharusan untuk dilakukan. Demikian disampaikan Wali Kota Bima, HM. Qurais saat upacara Hari Jadi ke-10 Kota Bima di halaman kantor Pemkot Bima, Selasa (10/4) lalu.

Langkah-langkah pembenahan, penataan, dan peningkatan kualitas tatakelola pemerintahan itu, jelas Qurais,  khususnya dalam pengelolaan keuangan daerah dan peningkatan kapasitas aparatur untuk mengubah paradigma pelayanan. Yakni siap melayani dengan sikap jujur, amanah, tulus, tepat, dan cepat. Untuk itu, dia mengapresiasi Kepala BPK Perwakilan NTB atas audit dan rekomendasi perbaikan manajemen yang akan terus ditindaklanjuti dan perbaiki tatakelola.

“Kami menyadari bahwa untuk mendukung eksistensi suatu kota, maka penyediaan dan pembangunan infrastruktur merupakan suatu hal penting,” ujarnya.

Katanya, penyelesaian jalan Melayu-Kolo, peningkata ruas jalan Ama Hami-Ni’u menjadi dua arah, jalan lintas ekonomi dua arah mulai persimpangan  Utara Ama Hami hingga Pelabuhan Bima, pembangunan pasar tradisional yang modern dan pengaspalan jalan atau gang kelurahan harus dilakukan. Selain itu, arteri penghubung jalur ekonomi baru yang selama ini terisolir harus dituntaskan tahun ini. “Dukungan terhadap penyelesaian infrastruktur pelabuhan Bima sebagai pelabuhan terbesar di Nusa Tenggara sangat diharapkan,” katanya.

Selain itu jelasnya, penataan kawasan Ama Hami, Ni’u, lapangan Merdeka, Taman Ria, dan kawasan Paruga Na’e terus dipacu. Hal itu dilakukan agar dambaan kota bersih, hijau, aman, dan nyaman terwujjud dan menjadi modal besar untuk menyambut pertemuan Kepala Daerah dan rombongannya yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kota se-Indonesia (Apeksi) wilayah Korwil IV. Yakni  meliputi Jawa Timur, Bali, NTB, dan NTT yang direncanakan bulan Juni mendatang di Kota Bima. (BE.20)

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait