Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

RT 03 Juara Lomba Kebersihan Tingkat Monggonao

Kota Bima, bimakini.com,-

Pengumuman panitia penilaian lomba kebersihan tingkat Kelurahan Monggonao, Senin (9/4), menetapkan lingkungan RT 03 RW 01 sebagai juara pertama lomba kebersihan. Lurah Monggonao, Basuki Widodo, S.Sos, mengatakan berdasarkan hasil penilaian tim juri, RT 03 memenuhi syarat.

Diakuinya, warga RT 03 mampu memberikan hasil terbaik dalam lomba itu. Selain bersih, sisi penataan lingkungan menjadi nilai tersendiri bagi warga RT 03. Sistem penilaian tidak hanya dari kebersihan lingkungan saja, namun juga kekompakan warga.

Dia menilai warga RT 03 selama ini terlihat kompak  bergotong-royong membersihkan lingkungan. Tidak hanya saat menghadapi lomba. Kebersihan dan penataan lingkungan itu bisa dipertahankan dan ditingkatkan, karena kebersihan bukan untuk oranglain maupun pemerintah, tetapi untuk warga setempat. Apalagi, kebersihan berkaitan erat dengan kesehatan. “Jika lingkungan kita kotor, maka banyak sumber penyakit. Kalau bersih maka kesehatan kita juga terjaga,” ungkapnya.

Ketua RT 03 Monggonao, Ishaka, mengatakan prestasi itu merupakan hasil kerja keras seluruh warga RT 03 dalam membersihkan lingkungan. Dia memuji  kekompakan terlibat dalam kegiatan gotong-royong. “Kami gotong-royong bukan hanya saat menghadapi lomba, namun juga pada hari lain kami juga melakukannya. Apalagi, beberapa waktu lalu adalah musim hujan sehingga rentan terhadap penyakit,” ujarnya.

Diakuinya, kebersamaan dalam membangun lingkungan memang sangat penting, terutama menyatukan persepsi semua warga yang memiliki keinginan berbeda-beda saat menata dan membersihkan lingkungan. Prestasi itu tidak bisa dicapai tanpa dukungan dan kerjasama yang terjalin di tengah masyarakat, apa lagi menyatukan persepsi.

Camat Mpunda, Drs. Isfahmi, mengatakan prestasi RT 03 bisa dijadikan motivasi bagi lingkungan lain dalam menjaga kebersihan. Kebersihan sangat penting dalam kehidupan, karena tanpa kebersihan banyak warga yang terserang wabah penyakit seperti DBD, diare, dan berbagai macam wabah penyakit berbasis lingkungan.

Dia meminta agar warga lainnya terus berpacu membersihkan lingkungan masing-masing, minimal lingkungan rumah-tangga. Tidak hanya itu, dengan menerapkan pola hidup bersih merupakan langkah mendukung program Pemerintah Kota (Pemkot) Bima menciptakan kota bersih dan sehat.

“Saya berharap lingkungan lain bisa meniru RT 03 dan ke depan Kota Bima bisa menjadi kota bersih,” harapnya. (BE.18)

 

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait