Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

Rutan Raba Kelebihan Penghuni

Kota Bima, Bimakini.com.- Keberadaan Rumah Tahanan (Rutan) Raba Bima saat ini tidak bisa menampung semua tahanan karena sudah melebihi kapasitas (over capacity). Standar daya tampung Rutan Raba hanya 130 orang, tetapi saat ini sudah 189 tahanan.

Hal itu dikeluhkan Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Raba Bima, Gun Gun Gunawan, A.Md. IP, SH, MH, Jumat (27/4) usai upacara Hari Bakti ke-48 Pemasyarakatan.

Dikatakannya, semua tahanan itu secara rinci terdiri dari 6 perempuan, 6 orang lanjut usia (Lansia), 11 anak-anak dan sisanya tahanan laki-laki. Beberapa waktu lalu akibat kelebihan tahanan pihak Rutan menyiasatinya dengan memindahkan sebagian tahanan ke Lapas Dompu.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Sudah dua tahap pemindahan tahanan dilakukan, tahapan pertama sebanyak 29 orang dan tahap dua 22 orang sehingga jumlahnya sudah 51 orang untuk semua jenis kasus. Mereka yang dipindah yakni yang sudah berstatus narapidana atau telah resmi divonis,” jelasnya di Rutan Raba Bima.

Sebelum para tahanan dipindahkan, jelasnya, mereka kesulitan  beristrahat. Pada satu ruangan yang idealnya ditempati 5 hingga 6 orang, justru melebihi hingga puluhan orang. Akibatnya, mereka harus tidur bergantian dalam kamar yang berukuran 5×4 meter. Selain itu, pihak Rutan juga kesulitan dalam memaksimalkan pembinaan terhadap mereka.

“Tetapi, syukurnya tidak terjadi gesekan dan perkelahian diantara mereka karena kita terus pembinaan dan pemahaman bahwa mereka adalah senasib,” ujarnya.

Imbas lain dari kelebihan para tahanan itu, katanya, jumlah petugas tidak seimbang untuk menangani mereka dalam pembinaan dan pengawasan. Padahal, jumlah pegawai Rutan keseluruhan hanya 68 orang, termasuk staf. Petugas pengaman hanya 40 orang saja.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Idealnya satu petugas pengaman harusnya membawahi 6 tahanan, tetapi yang terjadi saat ini satu petugas bisa membawahi hingga 35 orang,” jelasnya.

Realitas itu, ungkapnya, akibat belum ada Lapas khusus yang memisah narapidana dengan para tahanan titipan. Namun,  Rutan tetap berupaya memaksimalkan peran dalam membina dan melayani mereka. (BE.20)

 

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.-Menindaklajuti kesepakatan agar Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) bebas dari peredaran Handphone, Pungutan Liar dan Narkoba, tim dari Kanwil Kementrian...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Jajaran Kantor Imigrasi Kelas III TPI Bima dan Rutan Kelas II Raba-Bima, Senin (22/2) Deklarasi Janji Kinerja Tahun 2021 dan Penandatanganan...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Peredaran Narkoba rupanya juga terjadi di Rumah Tahanan (Rutan) Raba Bima. Kamis (10/8/2017) seorang perempuan berinisial ED (34) diamankan, karena diduga...

Peristiwa

Bima, Bimakini.com.- Petugas Rumah Tahanan (Rutan) Raba Bima hingga kini dinilai tidak kooperatif menjelaskan siapa yang pertama menemukan Narkotika jenis sabu sebanyak 20 poket...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.com.- Anggota DPRD Kabupaten Bima, Sukrin HT, MPd, patut diapresiasi, karena mengembalikan kelebihan uang kegiatan bimbingan tehnik (Bimtek) di Jakarta beberapa waktu lalu....