Hukum & Kriminal

Sampaikan Aspirasi, Demo Pilihan Terakhir!

Kota Bima, Bimakini.com.- Dalam penyampaian aspirasi, banyak cara bisa dilakukan selama itu tetap menaati segala aturan yang berlaku. Apalagi, semua warga negara diberikan kebebasan menyampaikannya dan dilindungi oleh Undang-Undang. Namun, bentuk penyampaian aspirasi tidak selalu dilakukan dengan demonstrasi, justru itu adalah pilihan terakhir untuk ditempuh.

Demikian disampaikan Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Muhammadiyah Bima, Drs. Sukirman Azis, SH, MH, saat pembukaan seminar sehari yang digelar BEM STIH Bima, Kamis (12/4) lalu, di kampus setempat.

Lalu selain demonstrasi cara apa yang sebaiknya dilakukan? Menurut praktisi hukum ini, mahasiswa sebagai insan akademik harus memiliki gagasan cemerlang untuk menyalurkan aspirasi dengan cara yang lebih mengena. Seperti kegiatan seminar dan dialog, workshop, diskusi publik maupun stadium general.

Melalui seminar, jelasnya, segala ide dan gagasan yang ada bisa disalurkan dengan terciptanya dinamika forum dari narasumber dan peserta. Pemerintah juga dipastikan lebih merespons dan menghargai cara seperti itu.

“Melalui seminar, mahasiswa bisa mengundang berbagai komponen baik bidang hukum, praktisi hukum maupun pemerintah untuk duduk bersama membahas persoalan yang dinginkan,” jelasnya.

Namun, katanya, seminar yang baik tidak saja menggelar acara seremonialnya saja, melainkan idealnya mampu melahirkan berbagai macam rekomendasi sesuai dengan substansi persoalan yang dikupas. Rekomendasi itu nanti bisa menjadi acuan dan diserahkan kepada pemerintah maupun untuk kebutuhan lainnya.

Dia mengharapkan, seminar itu bisa dijadikan media pembelajaran yang efekif bagi mahasiswa untuk membuka pikiran, melahirkan gagasan atau menyatukan persepsi dalam menelaah proses hukum yang berjalan di Kota dan Kabupaten Bima.

Seminar sehari yang bertema profesionalisme penegakan hukum itu, menghadirkan pembicara dari unsur praktisi hukum, Kejaksaan Raba Bima, Pengadilan Raba Bima, dan Polres Bima Kota. (BE.20)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
To Top