Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

SDN 05 Juara Umum Lomba Olimpiade Sains

Kota Bima, Bimakini.com.- Sekolah Dasar Negeri (SDN) 05 Kota meraih juara pertama tingkat Kota Bima pada Olimpiade Sains yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima, beberapa waktu lalu. Karena lomba itu juga diikuti SDN di wilayah Kabupaten Bima, SDN 05 mampu menjadi juara umum.

Kepala SDN 05 Kota Bima, Mansyur M. Sidik, S.Pd, mengatakan dalam olimpiade itu SDN 05 mampu meloloskan 11 siswa pada babak finalis, SDN lain seperti SDN 02 hanya 2 orang siswa yang masuk finalis, SDN 19 sebanyak 2 orang dan SDN 21 sebanyak 21 orang. Prestasi itu berkat kerja sama antara guru Pembina, siswa dan lembaga sekolah dalam mendidik dan melatih siswa.

Dia mengaku untuk seluruh SDN yang mengikuti lomba itu, hanya SDN 05 yang terbanyak finalis dan oleh panitia penyelenggara memberikan penghargaan sebagai juara umum dalam lomba itu. SDN 05 memiliki program husus bagi seluruh siswa dalam pembinaan sains, sehingga saat menghadapi lomba tidak kesulitan mengirim duta.

“Kami tidak menyiapkan siswa saat menghadapi lomba, namun sejak awal kami telah menyiapkannya, karena kami memiliki program husus untuk pembinaan sains dan itu berlaku untuk seluruh siswa SDN 05,” ujarnya Selasa (10/4) di sekolah setempat.

Mansyur mengaku prestasi itu merupakan bukti atas keberhasilan sekolah dalam pembinaan kepada siswa untuk meningkatkan mutu pendidikan. Diakuinya, SDN 05 juga saat pembinaan satu kali sebulan menghadirkan Pembina dari luar. Tujuannya untuk menyinkronkan teknik pembelajaran sains dengan metode terbaru selain yang diajarkan oleh Pembina sekolah setempat.

“Untuk menambah wawasan siswa, dengan metode lain dalam pembelajaran sains, kami juga menghadirkan Pembina dari luar, itu sangat membantu dari sisi teknik,”  ungkapnya.

Kepada seluruh guru Pembina dan siswa, dia meminta agar tidak puas terhadap prestasi itu, karena masih banyak tantangan yang harus dihadapi. Dia mengharapkan ke depan SDN 05 bisa maksimal dalam meningkatkan prestasi dan mutu pendidikan.

Panitia Olimpiade Sains, Drs. Jasman, M.Pd, mengaku siswa SDN 05 memang tangkas menghadapi lomba itu. Jasman mencatat selama olimpiade yang diselenggarakan oleh STKIP Bima, SDN 05 mampu meraih prestasi gemilang dibandingkan SDN lainnya. (BE.18)

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait