Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Tumpukan Sampah di Raba Salo Dibersihkan

Anggota Linmas saat bergotong- royong membersihkan sampah di Raba Salo.

Kota Bima, Bimakini.com.- Puluhan anggota Badan Kesatuan Bangsa, Politik, dan Perlindungan Masyarakat (Bakesbangpolinmas) Kota Bima kembali bergotong-royong membersihkan tumpukan sampah di Raba Salo Kelurahan Penatoi, Sabtu (14/4) lalu. Kegiatan itu merupakan yang kelima kalinya dilakukan, karena tumpukan sampah masih terlihat.

Wakil Wali Kota Bima, H. A. Rahman, SE, terlihat meninjau pembersihan itu. Saat itu, dia mengapresiasi Bakesbangpollinmas yang berinisiatif membersihkan sampah meskipun bukan wilayah tanggungjawabnya. Apalagi, kelima kalinya dilakukan.

Untuk memaksimalkan kegiatan itu, sejumlah Dinas dan instansi terkait langsung dikoordinasikan Wawali Kota Bima agar membantu. Hingga saat ini jembatan dan areal tersebut belum dipastikan apakah kewenangan provinsi atau daerah, tetapi demi terjaganya keindahan hal itu tetap dilakukan.

Kepala Bakesbangpollinmas Kota Bima, Drs. M. Nur, MHm mengatakan gotong-royong itu bentuk kepedulian dan rasa tanggungjawab menjaga keindahan dan kebersihan Kota Bima, meskipun pada hari libur. Apalagi, dalam waktu dekat akan menghadapi lomba Adipura.

Untuk itu katanya, tidak melihat lagi siapa sebenarnya yang memiliki tugas dan kewenangan. Sebab, jika terus menunggu siapa yang bergerak membersihkannya, maka tumpukan sampah itu akan meninggi hingga jembatan. Tidak hanya itu, jika sampah terus dibiarkan mengganggu keindahan kota, apalagi beragam aroma bangkai menyengat.

“Bukan kali ini saja kami lakukan, tetapi sudah lima kali. Dulu tidak ada lagi sampah yang terlihat, namun karena tidak ada yang mengontrol dan membersihkan sampah akhirnya menumpuk lagi,” jelasnya.

Beberapa titik lainnya di wilayah Kota Bima, jelasnya, juga tidak luput dari target pembersihan,  terutama yang tidak mampu dijangkau dan sulit dibersihkan. Bahkan, agenda itu telah dijadwalkan khusus agar bisa maksimal.

Dia mengharapkan, semua tugas itu bisa menggugah yang lainnya agar ikut memiliki rasa tanggungjawab terhadap Kota Bima.

Pantauan Bimakini.com, sekitar 70 orang anggota Linmas dikerahkan untuk membersihkan tumpukan sampah di sungai dan mengangkutnya. Ada yang menarik ketika gotong-royong itu, untuk kedua kalinya mereka kembali menemukan seekor ular piton sepanjang 2 meter lebih di antara tumpukan sampah.

Setelah kegiatan sebelumnya juga menemukan jenis ular yang sama, tetapi lebih besar dan panjang. Meski begitu, hal itu tidak menciutkan nyali para anggota Linmas  memasukinya dan mengeluarkan tumpukan sampah. (BE.20)

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait