Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Ujian Akhir Sekolah di Wawo Aman dan Lancar

Bima, Bimakini.com.- Sebanyak 364 siswa SD/MI Rayon 10 Kabupaten Bima, menuntaskan Ujian Akhir Sekolah (UAS) pada enam gugus di Kecamatan Wawo. Kegiatan yang berlangsung aman dan tertib tersebut dilaksanakan pada enam tempat, yakni Gugus I SDN 03 Maria, SDN Inpres 2 Maria, SDN 02 Kambilo, SDN Inpres Kombo, SDN Tarlawi, dan SDN Inpres Kalate.

     Pantauan Bimakini.com di SDN 3 Maria, siswa menuntaskan UAS terakhir mulai dari pukul 08.00 Wita hingga 10.00 Wita dengan diawasi guru pada gugus masing-masing. Hingga pelaksanaan hari ketiga tidak ada yang absen dan siswa dengan tekun menjawab soal dengan baik.

      Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Dikpora Kecamatan Wawo, Rusdin Hima, S.Pd. SD, mengatakan, hingga hari terakhir pelaksanaan UAS di Kecamatan Wawo tak ada kendala yang berarti dan seluruh siswa antusias mengikuti UAS selama tiga hari itu. Bahkan, siswa SDN Inpres Lesu Desa Raba harus bergabung dengan siswa lain di SDN Inpres Kombo, sedangkan riamau bergabung di Kalate, dan lainnya.

       Dia menjelaskan, pelaksanaan UN SD/MI akan  digelar tanggal 7 Mei mendatang. Peserta sama dengan UAS hanya saja perbedaannya kalau soal UAS dibuat di Dinas Dikpora Kabupaten Bima, sedangkan soal UN dari pusat. “Kita berharap pada saat UN nanti tidak ada kendala, sehingga peserta UN hadis semua dan mengikuti UN dari hari pertama hingga hari terakhir,” ujarnya di SDN 3 Maria, Rabu (25/4).

      Tahun ini, katanya, seluruh Kepala Sekolah dan guru telah diperintahkan untuk membina siswa dalam menghadapi UAS dan UN dengan baik. Apalagi, soal UN nanti tidak sama seperti tahu sebelumnya. Namun, seluruh sekolah dan madrasah optimis bisa lulus semua.

“Waktu tersisa ini jangan membiarkan anak-anak bekerja di sawah atau tegalang. Orang tua siswa harus mendorong anaknya untuk belajar bersungguh-sungguh agar bisa lulus UN nanti,” katanya.

        Hal senada dikemukakan pengawas TK/SD, H. Kamaluddin, S.Pd. Menyaksikan kesungguhan siswa menjawab soal UAS merupakan kemajuan yang positif, tinggal dalam beberapa hari ke depan guru lebih semangat lagi menggenjot semangat belajar siswa agar dalam UN nanti dapat menjawab semua soal dengan baik.

      “Kita sangat berharap seluruh peserta bukan saja lulus, tetapi lulus dengan nilai terbaik,” katanya di SDN 3 Maria, Rabu. (BE.13)

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Berita

Jakarta, Bimakini.- NTB, khususnya Pulau Sumbawa memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi salah satu contoh atau rolemodel yang visionable atau berkelanjutan. Hal itu...

CATATAN KHAS KMA

SAYA tidak tahu, mau mulai menulis ini dari mana. Entah! Saya bilang pada Muzakir, bos Garda Asakota itu, bahwa saya bingung. Dan ini bukan...

CATATAN KHAS KMA

  NAMANYA Tengku Jubair. Rasanya agak asing juga, ada orang Bima yang yang namanya seperti itu. Anda tahu, nama itu biasanya dipakai oleh bangsawan...

CATATAN KHAS KMA

SEPERTI biasa, Ahad saya kerap mengikuti jalan pagi bersama Sahabat HMQ di bukit Jatiwangi. Keliling bukit dengan udara segar, pastilah sehat bagi kesehatan. Begitu...

Opini

 Oleh: Eka Ilham., M.Si *) KEMENTERIAN Pendidikan dan Kebudayaan melalui Puspendik sejak Tahun Pelajaran 2014/2015 melakukan terobosan baru yakni pemanfaatan komputer dalam pelaksanaan Ujian...