Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

UN di Wawo Aman dan Lancar

    Sebanyak 235 siswa SMAN 1 dan 94 siswa SMAN 2 Kecamatan Wawo, mengikuti Ujian Nasional (UN) sejak Senin lalu. Namun, satu siswa SMAN 1 Wawo absen karena telah meninggal Februari lalu. Meski demikian, namanya tetap sebagai peserta UN.

            Pantauan Bimeks di SMAN 1 Wawo dan SMAN 2 Wawo, Rabu (18/4), pelaksanaan UN berlangsung aman dan lancar. Sekitar pukul 07.00 Wita, siswa telah berada di depan ruangan ujian masing-masing dan sekitar pukul 07.30 siswa sudah bias memasuki ruang ujian, sedangkan ujian baru berlangsung sekitar pukul 08.00 Wita.

UN itu juga selain dipantau oleh beberapa pengawas dari Kabupaten Bima juga Kepala UPT Dinas Dikpora Wawo, Rusdin Hima, S.Pd. SD.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

     Kepala SMAN 1 Wawo, Muhtar, S.Pd, mengatakan, selama pelaksanaan ujian tidak ada yang absen, kecuali Abdul Hamid yang meninggal beberapa bulan lalu. Tetapi, nomor ujian tetap ada karena almarhum telah terdaftar sebagai peserta UN 2012. “Kita sudah perbaiki pendataan, tetapi nomor ujian tetap dating, meski paket soal tidak ada. Kita anggap absen,” ujarnya di sekolah setempat, Rabu (18/4).

            Selama pelaksanaan UN, kata dia, tidak ada kendala berarti dan pengambilan soal dikawal aparat Polsek Wawo dan Pengawas Independen. Saat masuk ruangan, peserta tidak diperkenankan untuk membawa tas, telepon seluler, dan barang lainnya, kecuali alat tulis yang dianjurkan.

“Kita bersyukur siswa telah mengikuti UN dengan baik dan berharap seluruh siswa bias lulus semua,” katanya.

Kondisi yang sama dialami 94 peserta UN SMAN 2 Wawo. Bahkan, suasana ujian begitu tenang dan siswa bisa menyimak dan mengerjakan soal secara tertib. Tidak ada saling mencontek. Lima paket soal dibagi empat dari 20 siswa peserta UN pada setiap ruangan kelas. Kalau SMAN 1 sebanyak 13 ruangan, sedangkan SMAN 2 Wawo sebanyak 5 ruangan kelas.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Suasana dan kondisi yang aman seperti ini kita sudah ingatkan kepada siswa, sejak berbaris sebelum masuk ruangan hingga diijinkan untuk masuk ruangan. Demikian juga saat pulang. Siswa yang sudah selesai meninggalkan ruangan tanpa mengganggu peserta lain,” ujar Kepala SMAN 2 Wawo, Drs M. Saleh, MM, di sekolah setempat, Rabu.

 Hal senada dikemukakan Kepala UPT Dinas Dikpora Wawo, Rusdin Hima, S.Pd. SD. Dia menilai, proses UN berlangsung aman, tertib dan lancer. Hingga kini belum ada kendala soal maupun lainnya yang dilaporkan. Bahkan, peserta saat mulai masuk ruangan hingga meninggalkan ruangan dilakukan dengan tertib, sehingga tidak terjadi kegaduhan dan lainnya yang tidak diinginkan.

“Kita tinggal menunggu hasil UN. Anak-anak dan guru sudah maksimal berjuang  mulai dari kelas I hingga kelas III dan UN ini,” katanya di SMAN 1 Wawo, Rabu. (BE.13)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Berita

Jakarta, Bimakini.- NTB, khususnya Pulau Sumbawa memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi salah satu contoh atau rolemodel yang visionable atau berkelanjutan. Hal itu...

CATATAN KHAS KMA

  NAMANYA Tengku Jubair. Rasanya agak asing juga, ada orang Bima yang yang namanya seperti itu. Anda tahu, nama itu biasanya dipakai oleh bangsawan...

CATATAN KHAS KMA

SEPERTI biasa, Ahad saya kerap mengikuti jalan pagi bersama Sahabat HMQ di bukit Jatiwangi. Keliling bukit dengan udara segar, pastilah sehat bagi kesehatan. Begitu...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Rehabilitasi Masjid Besar Nurul Hidayah Kecamatan Wawo masih membutuhkan dana sekitar Rp150 juta. Rinciannya,  pembelian kubah jadi sekitar Rp90 juta dan bagian...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.-  Jajaran Polres Bima Kota berhasil mengamankan kendaraan yang mengangkut pupuk bersubsidi, Senin (26/9) di Kecamatan Rasanae Timur Kota Bima. Pupuk itu...