Pendidikan

296 Siswa Lolos Ujian Masuk SMAN 1

Kota Bima, Bimakini.com.-   Sebanyak 296 siswa dari berbagai SMP/MTS yang mendaftar pada Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Kota Bima, lulus ujian masuk. Jumlah siswa yang mendaftar sebanyak 481 orang. Mereka telah melewati ujian masuk dalam dua tahap.

Kepala SMAN 1 Kota Bima, Drs. HM. Jafar, menjelaskan pada tahap pertama peserta mengikuti ujian tertulis yang meliputi pelajaran Bahasa Indonesia, Inggris, Matematika, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Ilmu Pengetahuan Alama (IPA).

Ujian masuk yang dijadwalkan dua hari itu, katanya, juga meliputi wawancara dan praktik. Saat tes wawancara, peserta diuji kemampuan berbahasa Inggris, aspek yang dinilai adalah percakapan, melulis, membuat kalimat dan merangkai bahasa. “Ujian praktek, peserta dites kemampuan untuk mengoperasikan computer,” katanya Senin (14/5) di sekolah setempat.

          Mengenai sistem penilaian, Jafar tidak bisa mengintervensi dan tidak mengetahuinya. Bentuk penilaian semua diserahkan kepada panitia dan tim penguji. Jika sistem tersebut  diintervensi, dikuatirkan kualitas dan mutu yang diharapkan tidak maksimal. “Jumlah itu belum semuanya lulus, sebab jika ujian masuk SMAN 1 lulus, sementara Ujian Nasional tidak lulus, maka dianggap gugur,” katanya.

  Dijelaskannya, siswa yang saat ini dinyatakan lulus UN akan mengikuti kembali tes wawancara untuk mengetahui kemampuan  sehingga bakatnya bisa dikembangkan.  Berkaitan kelas unggulan, semester awal belum bisa ditentukan kelas unggulan, namun pada semester berikutnya bisa diketahui.

     Jafar mengaku pada tahap pertama penerimaan siswa baru, sekolah hanya bisa menentukan siswa yang masuk kelas akselarasi, hal itu berdasarkan hasil tes masuk. Tidak hanya itu, dia mengaku siswa yang akan masuk kelas akselarasi juga akan mengikuti beberapa tahapan ujian, sehingga bisa meraih satu kursi dalam kelas akselarasi yang disediakan sebanyak 34 kursi. (BE.18)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top