Peristiwa

Bima TV dan Bima FM Dominsi Unggulan KPID NTB Award 2012

Malam anugerah KPID Award

Bima TV dan Bima FM mendominasi hampir seluruh kategori yang dilombakan pada KPID NTB Award 2012.  Untuk kategori siaran radio seluruhnya digondol radio swasta . Sedangkan untuk siaran TV hanya satu katagori yang diraih LPP TVRI NTB  yaitu penyiar berita terbaik  . Ini suatu perkembangan baru , bangkitnya lembaga penyiaran swasta , LPP Lokal dan Radio komunitas . Kata Ketua KPID NTB Badrun .

Pada malam anugrah KPID NTB Award 2012  jumat malam untuk siaran radio , katagori siaran berita terbaik , pembaca berita terbaik , pemandu dialog terbaik , hiburan terbaik dan pemandu hiburan terbaik seluruhnya diboyong radio swasta di NTB . Sementara RRI Mataram hanya memperoleh penghargaan khusus bukan dalam bentuk award yaitu penghargaan atas penyiaran dialog NTB Bersaing, dan penghargaan seumur hidup untuk almarhum Partu Rendra mantan penyiar RRI Mataram. Untuk Katagori berita radio terbaik digondol oleh Global FM Mataram yang juga meraih pemandu Talk Show terbaik atas nama Wayan Raka Arini . Untuk jenis hiburan radio terbaik diraih oleh GSP FM dengan acara Review Band-Band Indie NTB .

Satu katagori yaitu Talk Show radio terbaik , tidak ada yang memenuhi kwalifikasi sehingga Dewan Juri terdiri 6 orang dengan suara bulat menyatakan tidak ada KPID NTB Award 2012 untuk Talk Show radio terbaik. Semua rekaman talk show yang dikirim lembaga penyiaran radio yang masuk nominasi adalah semacam sosialisasi program, bahkan ada yang berbau promosi acara. Ada 6 Stasiun Radio yang masuk nominasi yaitu Gemini FM, Bima FM, Rasesa FM Sumbawa, RRI Mataram, RHN FM Pancor dan Global FM. Namun tidak ada satupun dari stasiun radio tersebut yang memenuhi syarat Talk Show .

Sedangkan untuk siaran TV, TVRI hanya meraih satu KPID Award untuk katagori penyiara berita TV terbaik atas nama Aufa Asfarina Febrianggie. Sedangkan untuk katagori siaran berita terbaik TV diraih oleh Selaparang TV yang merupakan LPP  Lokal. Hiburan TV terbaik diraih oleh Bima TV yang menampilkan acara klip mbojo. Bima TV masuk nominasi pada semua katagori yaitu Katagori siaran berita, Talk Show, Hiburan, Penyiaran Pembaca Berita dan  Pemadu Talk Show. Sedangkan untuk katagori Talk Show terbaik dimenangkan oleh TV 9 menampilkan acara Mataram Dialog Forum ( MDF ). Ada 5 nominasi Talk Show TV terbaik yaitu LPP TVRI NTB, LPP lokal Selaparang TV , Bima TV, TV 9 dan Lombok TV.

Dalam perdebatan sengit Dewan Juri sempat dipermasalahkan bahwa MDF TV 9  mirip dengan acara ILC ( Indonesia Lowyer Club  TV One ) . Tetapi dari 6 Dewan Juri 4 orang tetap berpandangan bahwa MDF yang terbaik diantara Talk Show lain yang masuk nominasi. Soal mirip tidak perlu terlalu dipermasalahkan, sebab didalamnya ada hal-hal yang memberi cici dan nilai tambah dalam format acara yang ditampilkan MDF. Keempat Juri menyatakan standard Talk Show hampir sama dihampir semua stasiun TV , tetapi apa yang ditampilkan ILC dan MDF adalah berbeda dengan Talk Show yang selama ini berlangsung secara konvensional. Dua juri lainnya berpandangan, bahwa karya jurnalistik harus orisinil baik dalam bentuk maupun format serta konten. Karena ada perbedaan dan melihat TV 9 Mataram mendapat dukungan mayoritas Juri, maka Ketua Dewan Juri Mustakim Biawan memutuskan TV 9 meraih KPID NTB Award 2012 katagori Talk Show terbaik. Dengan demikian Dewan Juri sepakat menentukan  bahwa TV 9 meraih katagori itu .

KPID NTB juga memberikan penghargaan khusus kepada TV Nasional yang secara konsisten menyiarkan acara- acara yang berkaitan dengan NTB dan tahun ini diraih oleh Trans7 .

Dalam anugrah KPID NTB Award 2012 ini Lembaga Penyiaran Publik RRI dan TVRI jauh tersisih oleh Lembaga Penyiaran Swasta dan LPP Lokal. Dewan Juri melihat apa yang ditampilkan LPP RRI Mataram dan LPP TVRI NTB kurang kreatif dan kurang variatif sehingga lebih kuat kesan monoton , disamping konten beritanya masih kuat berbasis pada kekuasaan.

Ada yang menarik ketika Dewan Juri melakukan penilaian terhadap Laporan khusus Bima TV tentang peristiwa pembakaran Kantor Bupati Bima. Penggarapannya sangat akurat dan memberikan informasi yang lengkap kepada pemirsa . Hanya persoalannya apa yang ditampilkan Bima TV adalah format reportase, bukan bulletin berita. Jadi Dewan Juri tidak menilai acara yang dikirim Bima TV sebab tidak termasuk katagori bulletin berita Televisi. Acara Lambarasa juga masuk nominasi untuk kategori siara televisi tentang pembangunan NTB, tetapi masih kalah bersaing dengan stasiun tv lainnya di NTB

Acara malam anugrah KPID NTB Award itu disiarkan langsung oleh TV dan Radio swasta se Nusa Tenggara Barat . .  ( Infosketsa.com/* )

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top