Politik

Data Pemilih, KPU Diuntungkan dengan E-KTP

Kota Bima, Bimakini.com.- Dalam penyelenggaraan Pemilu Kepala Daerah (Pemilukada) Kota Bima, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima diuntungkan  dengan adanya Elektronik- Kartu Tanda Penduduk (E-KTP).  Secara nasional E-KTP Kota Bima seharusnya rampung akhir 2011 lalu, namun diperpanjang hingga April 2012. Hal itu dikatakan Ketua KPU Kota Bima, Dra Nurfarhaty, MSi, kepada Bimakini.com, Rabu (9/5).

KPU, kata dia, berkepentingan dengan jumlah penduduk dan pemilih. Jumlah penduduk dan pemilih ini juga akan berkaitan dengan rencana anggaran untuk Pemilu Wali Kota Bima 2013 mendatang. Termasuk menentukan jumlah penyelenggara tingkat bawqah, penyiapan logistic dan memastikan jumlah dukungan untuk calon perseorangan.

Pengesahan Daftar Pemilih  Tetap (DPT), kata Nurfarhaty, 22 Maret 2013. Untuk mengetahui jumlah penduduk di masing-masing kota dan kabupaten di NTB, pada 18 Maret  dan 20 April digelar rapat koordinasi     dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi NTB dan BPS. “Saat itu semua KPU kota dan kabupaten diminta membawa data masing-masing jumlah penduduk berdasarkan data di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Ternyata ada perbedaan data dengan Dinas Cacatan Sipil dan Kependdudukan Provinsi,” katanya.

Hanya saja, kata dia, untuk Kota Bima tidak terdapat perbedaaan data, hanya beberapa daerah lainnya. Perbedaaan itu variatif, ada yang kurang dan ada lebih, padahal data Provinsi NTB diperoleh masing-masing kota dan  kabupaten. “Karena adanya perbedaan data itu, maka pada 7 Mei digelar rapat koordinasi kembali,” ujarnya.

Saat itu juga, kata dia, disetujui bersama bahwa formulir DP4 untuk dikonversi ke Formulir A KPU.  Hasil konversi itu nantinya menjadi bahan pemutakhiran bagi PPS. DP4 sendiri diterima KPU paling telat 150 hari, sebelum pelaksanaan pemungutan suara. “Itu berarti November. Namun disepakati kembali DP$ diterima awal Oktober 2012. Data koversi diserahkan ke KPU dalam bentuk sofcopy dan hardcopy,” ujarnya.

Berdasarkan hasil rapat bersama KPU Provinsi dan Daerah di NTB, untuk pemilihan Kepala Daerah yang bersamaan Gubernur NTB, Kota Bima dan Lombok Timur. Putaran pertama dilakukan bersamaan 13 Mei 2013 dan putaran kedua 22 Juli 2013. (BE.16)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
To Top